Kualifikasi Buruk, Vettel Enggan Salahkan Exhaust

By Galih Rachdityo - Minggu, 15 April 2012 | 12:39 WIB
Sebastian Vettel
Autosport
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel menolak menyalahkan performa mobilnya di fase kualifikasi Grand Prix Cina, Ahad (15/4). Pebalap tim Red Bull tersebut mengatakan tidak menyesal tetap memilih menggunakan desain lama saluran pembuangan (exhaust), meski sempat terlempar di Q2 untuk kali pertamanya dalam 43 kali balapan.

Juara bertahan musim lalu ini memutuskan untuk tetap memakai desain lama saluran pembuangan mobilnya, sementara rekan setimnya di Red Bull, Mark Webber, memilih opsi untuk menggunakan desain exhaust terbaru. Vettel pun gagal masuk kualifikasi di posisi 10 besar untuk kali pertamanya sejak ajang Grand Prix Brasil 2009.

Meski memulai balapan dari posisi 11, tapi pebalap asal Jerman tersebut merasa puas dengan performanya sepanjang fase kualifikasi, tapi ia juga mengakui jika kali ini mobilnya tidak bisa melaju dengan cepat.

"Selalu mudah mengatakan ini dan itu untuk saat ini, tapi saya puas dengan performa mobil, karena alasan itulah saya memutuskan untuk tetap bertahan dengan apa yang ada," kata Vettel seperti dilansir Autosport. "Saya puas dengan hasil yang diraih di fase kualifikasi. Tidak ada kesalahan sama sekali, tapi mereka tidak terlalu cepat. Semudah itu saja," cetusnya.

"Pada saat sesi latihan, saya puas dengan performa mobil. Kami memutuskan tetap menggunakan setelan yang sudah ada, dan saya tidak ingin menyalahkan mobil. Tiga kali saya melakukan hal yang sama, dan tiga kali pula saya tidak bisa melaju cepat untuk bisa menembus Q3," ungkap pebalap asal Jerman tersebut.

Vettel mengakui cukup kecewa memulai balapan dari posisi yang cukup jauh, tapi ia menyadari masih memiliki kesempatan untuk bisa menampilkan performa yang lebih baik lagi saat balapan berlangsung.

"Sejujurnya, saya tidak puas. Seperti yang sudah saya katakan, saya tidak pusa dengan putaran-putaran yang saya lakoni di Q2, tapi mereka tidak terlalu cepat. Kami harus memulai balapan dari posisi 11, dan kini menilik kembali apa yang bisa kami perbuat saat balapan berlangsung. Sudah tentu akan berat, tapi masih dimungkinkan untuk tampil lebih baik dibandingkan fase kualifikasi," ujar pebalap berusia 24 tahun itu.

"Meski begitu, saya cukup puas dengan performa mobil saat ini, hanya sayangnya kami tidak mampu meraih langkah terakhir. Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Balapan juga akan berlangsung cukup panjang, sehingga kami masih berpeluang melakukan balapan yang bagus," pungkasnya.


Editor : Galih Rachdityo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.