Mengenal 'Cross Triathlon' Melalui Ajang Rhino X-Tri di Tanjung Lesung

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 18 Agustus 2017 | 12:49 WIB
Trek off-road menjadi rintangan utama yang bakal dihadapi oleh peserta Rhino Cross Country (Rhino X-Tri).
NUGYASA LAKSAMANA/JUARA.NET
Trek off-road menjadi rintangan utama yang bakal dihadapi oleh peserta Rhino Cross Country (Rhino X-Tri).

Kawasan pariwisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Banten, bakal menjadi tempat penyelenggaraan ajang cross triathlon pertama di Indonesia.

Ajang tersebut bertajuk Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) yang akan diselenggarakan pada 22-24 September 2017.

Seperti halnya ajang triatlon pada umumnya, Rhino X-Tri terdiri dari balap sepeda, renang, dan lari.

Namun, rute treknya berkarakter off-road (non-aspal) sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para pesertanya. Hal itulah yang membedakan cross triathlon dengan triatlon biasa.

"Alam di Tanjung Lesung sangat mendukung untuk diadakan cross triathlon. Para peserta akan menggunakan sepeda gunung karena rutenya menanjak, berbatu, berlumpur, dan ada pasir pantainya. Bahkan, mereka juga menyeberangi sungai," ujar Tense Manalu selaku Event Director Rhino X-Tri.


Trek ini menjadi salah satu rute yan akan dilewati oleh para peserta Rhino X-Tri di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.(NUGYASA LAKSAMANA/JUARA.NET)

"Jenis lomba larinya juga trail. Intinya, semua yang ada di Tanjung Lesung ini akan kita jadikan rutenya. Tempat ini jadi yang pertama mempopulerkan cross triathlon di Indonesia," tutur Tense menambahkan.

Tense menjelaskan bahwa Rhino X-Tri tak cuma menggelar lomba cross triathlon, tetapi juga Mountain Bike Cross Country Marathon dan Sunset Trail Run.

Dari seluruh lomba tersebut, Tense berharap Rhino X-Tri bisa menyedot peserta hingga 500 orang. Rinciannya yakni 100 orang pada lomba cross triathlon, dan sisanya dari Mountain Bike Cross Country Marathondan Sunset Trail Run.

"Cross triathlon itu kan masih belum populer di Indonesia. Jadi, Rhino X-Tri ini menjadi ajang promosi untuk memperkenalkan cross triathlonAtlet triatlon Indonesia pun belum banyak yang mencobanya," ucap Tense.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.