TOPIK TERPOPULER
Pereli asal Prancis, Sebastian Loeb yang merupakan juara dunia sembilan kali reli.
BRYN LENNON/GETTY IMAGES
Pereli asal Prancis, Sebastian Loeb yang merupakan juara dunia sembilan kali reli.

LEGENDA: Sebastian Loeb, dari Senam, Teknisi Listrik, hingga Dunia Balap

JUARA.net - Sebastian Loeb merupakan salah satu pebalap reli paling sukses di dunia. Dia merupakan pemegang sembilan gelar juara dunia World Rallycross Championship (WRC).

Gelar juara ini dia dapat dalam sembilan musim beruntun (2004-2012). Tak hanya itu, pria asal Prancis ini juga membukukan rekor lain yakni sebagai pebalap yang paling banyak meraih kemenangan, paling banyak naik podium, dan paling banyak mengumpulkan poin.

Loeb merupakan pemegang rekor kemenangan terbanyak di WRC dengan 78 kali podium kampiun dari 168 kali start dalam kurun waktu 14 tahun berkarier.

Awalnya, putra dari pasangan Guy Loeb dan Ingrid Loeb (wafat pada 2005 dan 2012) menekuni olahraga senam. Sebagai pesenam, pria yang menghabiskan masa kecil di Oberhoffen-sur-Moder ini pernah empat kali menjadi juara pada ajang senam Alsation, sekali juara di Prancis Grand East, dan lima kali juara di French Championship.

Loeb sempat berhenti sekolah pada 1992, tetapi kembali ke bangku pendidikan dengan masuk sekolah kejuruan bidang teknik listrik pada 1994.

Berbekal ilmu tersebut, Loeb mulai bekerja sebagai teknisi listrik di perusahaan bernama Socalec yang letaknya dekat dengan bandara Haguenau.

Hasil kerja sebagai teknisi dia tabung untuk membeli Renault 5 GT Turbo. Bos tempatnya bekerja juga seorang penggemar mobil yang salah satu koleksinya adalah Ferrari Testarossa 512 TR sehingga membuat ketertarikannya pada dunia otomotif semakin berkembang.

Pada 1995, saat berusia 21 tahun, Loeb berhenti dari pekerjaannya dan mulai mengalihkan perhatian ke dunia balap.

TOPIK :

Komentar