Sejarah Baru, Bengaluru FC Jadi Tim India Pertama di Final Piala AFC

By Segaf Abdullah - Kamis, 20 Oktober 2016 | 03:03 WIB
Para pemain Bengaluru FC merayakan kelolosan mereka ke babak final Piala AFC 2016 seusai mengalahkan juara bertahan, Johor Darul Takzim, 3-1 (AGG: 4-2) di Stadion Sree Kantreerava, Bengaluru, India, Rabu (19/10/2016).
DOK. ESPNFC.COM
Para pemain Bengaluru FC merayakan kelolosan mereka ke babak final Piala AFC 2016 seusai mengalahkan juara bertahan, Johor Darul Takzim, 3-1 (AGG: 4-2) di Stadion Sree Kantreerava, Bengaluru, India, Rabu (19/10/2016).

Bengaluru FC (BFC) menjadi tim asal India pertama yang mencapai babak final Piala AFC 2016. Anak-anak asuh Albert Roca itu mengalahkan tim asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), 3-1 pada semifinal leg kedua di Stadion Sree Kantreerava, Bengaluru, Rabu (19/10/2016).

Atas hasil tersebut, Bengaluru FC melenggang ke partai puncak dengan kemenangan agregat 4-2. Pada leg pertama, Sunil Chhetri dkk bermain imbang 1-1 di kandang Johor Darul Takzim.

Tidak diperkuat tiga pemain penting, Juan Martin Lucero, Pereyra Diaz, dan Amri Yahyah karena akumulasi kartu kuning, JDT justru unggul lebih dulu. Safiq Rahim membawa Harimau Selatan, julukan JDT, memimpin via golnya pada menit ke-11.

Tersentak, BFC mampu menyamakan kedudukan menjelang paruh pertama kelar melalui gol yang dicetak oleh sang penyerang sekaligus kapten tim, Sunil Chhetri, pada menit ke-41. Pemain berusia 31 tahun itu mencetak gol keduanya pada menit ke-67 dan membawa timnya unggul 2-1.

BFC akhirnya menyegel tiket final pada menit ke-75 melalui gol hasil tandukkan bek asing asal Spanyol, Juan Antonio.

Pada partai final yang bakal berlangsung 5 November 2016, BFC sudah ditunggu tim kuat asal Iraq, Al Quwa Al Jawiya. Pada semifinal, klub yang bermarkas di Baghdad tersebut mengalahkan tim asal Lebanon, Al Ahed, 3-2 (Agg: 4-3).

Bagi JDT, kekalahan ini membuat pasukan Mario Gomez tersebut gagal mengulangi kiprah fantastis pada Piala AFC 2015. Tahun lalu, Safiq Rahim dkk sukses menjuarai turnamen antarklub tertinggi kedua di Asia itu.

Sedangkan buat BFC, kemenangan tim yang baru berdiri pada 2013 ini berhasil mengukir rekor pada kancah persepakbolaan India. Maklum, dua tim India sebelumnya, East Bengal dan Dempo SC, hanya mampu mencapai babak empat besar.

Kendati baru seumur jagung, BFC nyatanya sudah dua kali menyabet titel juara Liga India (I-League) yakni pada musim 2013-2014 dan 2015-2016.

BFC memulai petualangannya di kancah sepak bola Asia pada Piala AFC 2015. Saat itu, langkah mereka harus terhenti di babak 16 besar.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : stadiumastro


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.