Vettel: Kecepatan Mercedes pada Sesi Kualifikasi Merupakan 'Gamechanger'

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 17 Juli 2017 | 23:20 WIB
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, seusai menyelesaikan sesi kualifikasi GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Sabtu (15/7/2017). Vettel memulai balapan dari urutan ketiga.
BEN STANSALL/AFP PHOTO
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, seusai menyelesaikan sesi kualifikasi GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Sabtu (15/7/2017). Vettel memulai balapan dari urutan ketiga.

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, menilai kecepatan tim Mercedes pada sesi kualifikasi adalah sebuah "gamechanger" alias pengubah hasil.

Mercedes sukses meraih posisi finis 1-2 pada GP Inggris yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (16/7/2017). Pebalap tuan rumah, Lewis Hamilton, memenangi lomba setelah tampil dominan sejak start dari posisi pole, sedangkan Valtteri Bottas menjadi runner up.

Sementara itu, Vettel yang hingga lap ke-50 berada di posisi ketiga, hanya bisa finis di urutan ketujuh. Hasil ini didapat Vettel setelah ban kiri depannya pecah sehingga terpaksa melakukan pit stop menjelang lap ke-51.

Hamilton yang mendapat tambahan 25 poin kini mengancam posisi Vettel sebagai pimpinan klasemen. Hingga GP Inggris, Hamilton cuma tertinggal satu poin dari Vettel.

Hamilton mengumpulkan 176 poin, sedangkan Vettel mengoleksi 177 poin. Padahal, sebelum balapan di Sirkuit Silverstone dimulai, selisih poin Vettel dengan Hamilton masih 20.

Baca juga:

"Mungkin benar bahwa pada beberapa balapan terakhir Mercedes sedikit lebih kuat, tetapi saya pikir pengubah hasil sesungguhnya ialah kualifikasi," ujar Vettel yang dilansir Motorsport, Senin (17/7/2017).

"Mereka mampu meningkatkan daya mesin, mereka menaikkan selisih waktu antara 0,3 dan 0,6 detik di depan kami secara beruntun. Di Baku, selisihnya 0,7 detik, di Austria sekitar setengah detik," kata Vettel lagi.

Dari 10 seri balap yang sudah digelar, Mercedes memang tampil superior pada sesi kualifikasi. Tim berjulukan "The Silver Arrow" ini berhasil meraih posisi pole pada delapan seri balap, termasuk GP Inggris kemarin.

Sebaliknya, terakhir kali Ferrari meraih posisi pole ialah pada GP Monako, Mei lalu. Namun begitu, Vettel mengaku tetap puas dengan performa Ferrari secara keseluruhan.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.