Pique dan Umtiti Mulai Pertanyakan Skema Enrique di Barcelona

By Verdi Hendrawan - Selasa, 21 Maret 2017 | 03:45 WIB
Bek FC Barcelona, Gerard Pique (kanan) dan Samuel Umtiti (tengah), bercanda dengan Lionel Messi dalam sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Barcelona, Spanyol, pada 18 Oktober 2016.
DAVID RAMOS/GETTY IMAGES
Bek FC Barcelona, Gerard Pique (kanan) dan Samuel Umtiti (tengah), bercanda dengan Lionel Messi dalam sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper, Barcelona, Spanyol, pada 18 Oktober 2016.

Dua pemain bertahan Barcelona, Gerard Pique dan Samuel Umtiti, mulai mempertanyakan skema permainan yang terapkan pelatih Luis Enrique.

Luis Enrique kini menerapkan skema 3-4-3 bersama Barcelona. Dalam lima pertandingan terakhir, Enrique hanya satu kali kembali ke skema 4-3-3 saat kalah 1-2 dari Deportivo La Coruna di Liga Spanyol, Minggu (12/3/2017).

Sedangkan selama menerapkan skema 3-4-3, Barcelona selalu menang. Blaugrana sukses mencukur Sporting Gijon dengan skor 6-1, Celta Vigo (5-0), Paris Saint-Germain (6-1), dan Valencia (4-2).

Meski berdampak sangat positif bagi ketajaman lini serang, Pique mengaku bahwa skema tersebut menghadirkan bahaya di lini pertahanan tim.

Hal ini dirasakan bek berusia 30 tahun itu saat kecolongan dua gol dari Valencia, Minggu (19/3/2017).

"Hal itu adalah risiko yang harus kami terima. Kami adalah tim yang sangat ofensif, selalu ingin menyerang, tetapi semua itu akan menghadirkan konsekuensi," ucap Pique.

Baca Juga:

"Di lini pertahanan, kami mengalami lebih banyak kesulitan karena ada lebih banyak ruang bagi lawan. Menjadi bek Barca harus disertai dengan tanggung jawab besar dan itu adalah risiko yang harus kami terima," tuturnya.

Hal senada juga diutarakan Umtiti. Pemain asal Prancis itu mengaku masih kesulitan menerapkan skema tiga pemain sejajar di pertahanan Barcelona.

"Dengan 3-4-3, lini pertahanan menjadi sangat tidak terlindungi, sehingga sebagai bek kami harus bisa menyeimbangkan posisi dan gerakan dengan baik," ujarnya.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Football Espana


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.