3 Jenis Pedang yang Digunakan dalam Olahraga Anggar. Sudah Tahu?

By Redaksi Cewekbanget - Jumat, 11 Mei 2018 | 17:20 WIB
Cheung Ka-long, Atlet Anggar Asal Cina (scmp.com)

Olahraga anggar mungkin sepopuler olahraga sepak bola atau bulutangkis. Tapi ternyata, olahraga ini juga seru untuk dikulik, terutama tentang pedang yang dipakai oleh pemainnya.

Anggar adalah salah satu olahraga beladiri yang menggunakan senjata. Berasal dari kata "en garde" yang dalam bahasa Prancis berarti "bersiap". Padahal di Prancis, olahraga ini disebut "escrime".

Ternyata pedang yang dipakai dalam olahraga anggar bukan hanya satu, lho. Ini dia 3 jenis pedang dalam olahraga anggar. Sudah tahu?


atas-bawah: Foil, Epee, Sabre()

Foil

Foil adalah pedang terkecil dan paling ringan yang digunakan dalam olahraha anggar. Pedang ini juga dikenal sebagai Floret. Sebagian besar atlet anggar mulai dari pedang ini. Target dari foil hanya bagian atas tubuh, kecuali lengan dan leher.

Di ujung pedang ada tombol berpegas yang akan memberi sinyal pada mesin pencatat skor melalui kabel yang terpasang di badan pemain.

Atlet anggar yang memakai foil harus menggunakan vest yang disebut lame sebagai target sasaran. Meski menutupi bagian dada, lame sama sekali enggak berfungsi sebagai pelindung dada.

Pedang Foil yang diakui Federasi Anggar Internasional (FAI) terbuat dari stainless steel bernama Maragine. Besi ini lebih berat, lebih mahal, dan lebih tahan banting dari pedang yang tidak resmi. Foil atau Floret diwajibkan untuk semua turnamen internasional.