Jepang Juara Ketiga Piala Dunia Wanita U-20 2012

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 8 September 2012 | 16:54 WIB
Tim Nasional U-20 Jepang
Getty Images
Tim Nasional U-20 Jepang

20 2012, Jepang, berhasil memastikan diri menjadi juara ketiga setelah menang 2-1 atas Nigeria, pada Sabtu (8/9). Dua gol dari Yoko Tanaka dan Asuka Nishikawa membuat suporter tuan rumah yang memadati Stadion Nasional Tokyo berpesta.

Jepang tidak memulai laga dengan baik. Mereka nyaris tertinggal di menit-menit awal ketika tendangan bebas pemain Nigeria, Desire Oparanozie, dari sisi kiri membuat kiper Sakiko Ikeda mati langkah. Beruntung bola hanya membentur tiang gawang dan memantul ke tempat yang aman.

Nyaris kebobolan membuat semangat juang Jepang meningkat. Jepang akhirnya berhasil membuka keunggulan setelah tendangan keras dari Yoko Tanaka tak mampu dihadang kiper Ibubeleye Whyte. Ini menjadi gol keenam Tanaka sepanjang turnamen.

Tertinggal satu gol, Nigeria kembali menguasai pertandingan. Namun, Jepang berhasil mempertahankan keunggulan tipis tersebut hingga babak pertama berakhir.

Lima menit babak kedua dimulai, Jepang langsung menggandakan keunggulan. Pemain pengganti, Hanae Shibata, yang melewati beberapa pemain bertahan Nigeria memberi umpan manis ke dalam kotak penalti yang berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Asuka Nishikawa.

Unggul dua gol, Jepang belum berhenti menggempur pertahanan Nigeria. Keasyikan menyerang, Jepang dikejutkan oleh gol Oparanozie lewat tendangan bebas pada menit ke-73 dan membuat pertandingan berjalan semakin menarik.

Beruntung meski terus dikurung Nigeria, Jepang sukses mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir. Keberhasilan menjadi juara ketiga merupakan pencapaian terbaik Jepang sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia Wanita U-20.


Editor : Oka Akhsan M.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X