Lorenzo, Balap Motor Sudah Jadi Tradisi Spanyol

By Windu Puspa Ningtyas - Kamis, 1 November 2012 | 11:18 WIB
Jorge Lorenzo saat di Indonesia.
Bar Ismoyo/Getty Images
Jorge Lorenzo saat di Indonesia.

Musim balapan MotoGP tahun ini praktis menjadi ajang persaingan dua pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Hampir sepanjang musim ini keduanya selalu mengisi podium di setiap seri. Apa penyebab dominasi pebalap Spanyol ini? Apakah para pebalap Spanyol memang sangat berbakat? Atau mereka sekadar mendapatkan sepeda motor yang tepat?

Juara dunia Moto GP, Jorge Lorenzo, mengatakan, motor yang berkualitas hanya menjadi satu dari banyak faktor pendukung. "Balap motor sudah menjadi bagian tradisi orang Spanyol," kata Lorenzo kepada Kompas.com di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (31/10/2012).

"Di Spanyol sebagian besar orang menyukai MotoGP, bahkan anak-anak kecil juga menyukainya," tambah Lorenzo. "Anak-anak banyak yang bercita-cita menjadi pebalap MotoGP, dan orangtua dengan senang hati mendukung cita-citanya," papar dia.

Selain itu, lanjut Lorenzo, peran pemerintah dan federasi olahraga otomotif Spanyol sangat besar untuk mengembangkan bakat pebalap-pebalap muda negeri matador itu. "Di Spanyol banyak sekali ajang balapan yang bisa digunakan pebalap muda untuk mengasah kemampuannya," papar Lorenzo, yang menambahkan, ajang balap motor di Spanyol semakin marak dalam 10-15 tahun terakhir.

"Dengan banyaknya balapan, anak-anak yang ingin menjadi pebalap memiliki kesempatan mempersiapkan diri untuk karier balapan mereka di masa mendatang," ujar pebalap tim Yamaha itu.

Lapran: Tribunnews/Toni Bramantoro




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X