FIA Tegur Pebalap Soal Kata-Kata Kasar

By Andi Yanianto - Jumat, 9 November 2012 | 21:50 WIB
Kimi Raikkonen (kiri) dan Sebastian Vettel di podium GP Abu Dhabi.
Mark Thompson/Getty Images
Kimi Raikkonen (kiri) dan Sebastian Vettel di podium GP Abu Dhabi.

kata sumpah serapah yang digunakan pebalap pada aktivitas media resmi. Otoritas tertinggi otomobil dunia ini menyebut penggunaan kata-kata kasar sangat tidak bisa diterima.

Di podium GP Abu Dhabi, saat podium interview, wawancara langsung yang dilakukan di podium seusai penghormatan pemenang, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel terdengar jelas menggunakan kata-kata kasar. Peristiwa ini yang membuat FIA mengeluarkan surat edaran bernada teguran kepada setiap tim Formula 1 untuk mengingatkan pebalap masing-masing agar berhati-hati dalam menggunakan kata di sebuah aktivitas resmi.

Stasiun TV resmi Formula 1, BBC mengaku langsung menerima 22 telepon dari pemirsa mereka setelah podium interview selesai. Ini menunjukkan, langkah FIA diambil bukan berdasarkan keberatan BBC semata, tapi sudah menjadi keberatan publik.

Sadar telah melakukan kesalahan, Sebastian Vettel langsung meminta maaf secara terbuka di website pribadinya. Juara dunia bertahan ini mengaku menyesal telah ceroboh dan berjanji untuk lebih berhati-hati.

"Saya sangat menyesal telah menggunakan kata-kata yang salah di podium dan saya minta maaf jika apa yang saya perbuat dianggap menyakiti siapapun yang menyaksikan di televisi. Saya berjanji akan berhati-hati dan lebih baik di lain waktu," kata Sebastian Vettel.

Beberapa musim silam, sumpah serapah dari pebalap pernah terdengar saat komunikasi radio tim Force India dengan pebalap mereka Giancarlo Fisichella tidak sengaja diperdengarkan ke publik. Permintaan maaf juga langsung diberikan Fisichella terkait insiden tersebut.


Editor : Andi Yanianto


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.