Data Misterius dan Tak Terungkap Michael Jordan

By Eko Widodo - Jumat, 15 Februari 2013 | 14:31 WIB
Michael Jordan ketika bermain bisbol.
Getty Images
Michael Jordan ketika bermain bisbol.

50 Jordan. Tahukah Anda beberapa data misterius yang tidak banyak diungkap di depan umum?

Michael Jordan yang lahir di Brooklyn (New York) memiliki panggilan 'black cat' (kucing hitam). Namun, ia tidak menyukai julukan dari teman-teman itu. Sepatu Air Jordan III diidentikkan dengan cakar Black Panther, yang identik dengan perjalanan hidup Jordan. Jordan senang menggunakan terminologi 'menyakitkan' untuk memotivasi diri.

Pernah melihat Jordan memakai nomor 45? Ketika come back ke Bulls pada musim 1994-95, Jordan meninggalkan nomor 23 dan memakai nomor 45. Alasannya? Nomor itu dipakai MJ saat bermain bisbol membela Birmingham Barons. Saat di SMA, ia memakai 23 karena angka itu adalah separoh dari 45, nomor punggung kakaknya, Larry. Jordan memakai nomor 45 di tim bisbol saat kelas III SMA. Pada musim 1995/96 di NBA, Jordan akhirnya kembali mengenakan nomor 23.

Dalam karier NBA-nya, apakah ia pernah memakai nomor lain? Ya. Jordan pernah memakai nomor 12 ketika pada hari Valentine tahun 1990, seseorang mencuri seragam tanding bernomor 23 dari kamar ganti Bulls di Orlando. Jordan mencoba baju replika nomor 23 ukuran anak-anak, namun tidak nyaman. Akhirnya, ia memakai kostum nomor 12 tanpa nama di punggung.

Michael Jordan tak suka diganggu saat berada di hotel, apalagi menjelang bertanding. Untuk itu, ia mendaftarkan namanya dengan nama lain: Leroy Smith. Leroy adalah teman masa kecilnya, yang mengambil jatah Jordan di roster tim basket SMA.

Michael Jordan meninggalkan basket NBA dan bermain bisbol pada 1994. Pada pertandingan pertamanya membela Birmingham Barons, Jordan berhasil dimatikan para penjaga lawan. Pukulan pertamanya berhasil ditangkap (flew out). Dalam 3 kali kesempatan memukul, ia selalu tak bisa memukul (strike out) dengan statistik 0-3. Ia menutup statistik dengan rataan 0,202. Jordan mencatat 3 home run dalam 127 gim.

Ketenaran Michael Jordan membuat patungnya dibuat dimana-mana di seluruh pelosok dunia. Namun, pernahkan Anda perhatikan bahwa ada beberapa pembuat patung Jordan yang salah memberikan nomor. Ada yang memberikan nomor 32 di patung Jordan atau nomor 35 di Texas.

Michael Jordan termasuk pemain yang memasukkan klausul bermain di bola basket untuk sekadar gimmic, dengan risiko cedera, ke dalam kontrak. Jordan bisa bermain melawan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Baru-baru ini, Jordan duel melawan Kevin Durant dalam sebuah acara promosi sepatu Air Jordan.

Sebagai penggemar golf, berapakah handicap yang dimiliki Jordan? Handicapnya 4. Jadi, ia tak berani terjun ke dunia golf profesional sebab kalah melawan pegolf pro terburuk sekalipun. Namun, ia sering menjadi wakil kapten dalam kejuaraan golf yang diikuti pegolf profesional.

Dalam era nutrisi yang sudah canggih, apakah Jordan menyiapkan menu khusus untuk energi sebelum bertanding (pregame meal)? Ternyata tidak. Di setiap pregame, Jordan menyantap steak yang dimasak setengah matang, kentang bakar, salad hijau, dan air/ginger ale.

Michael Jordan pernah tampil di lagu hip-hop -80an. Bersama empat cewek yang bergabung dalam grup Hot Butterfly (LaDawn Brown, Lachelle Baker, Crystal Torez, dan Anissa Moody) di album "Everybody Use Your Imagination". Pada album ini, Jordan memberikan intro dan coda. Intro yang ia ucapkan "The pressure's on. Most people panic for a way out. But myself, I imagine a thousand different ways to get myself out." Keempat cewek itu, sebagai kompensasi, menggunakan Jordan brand.


Editor : Eko Widodo


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.