Trapattoni Tanggalkan Jabatan Pelatih Irlandia

By Zulfirdaus Harahap - Rabu, 11 September 2013 | 23:55 WIB
Giovanni Trapattoni
Matthew Horwood/Getty Images
Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni resmi meletakkan jabatan sebagai pelatih Irlandia. Pelatih asal Italia ini mundur menyusul kekalahan beruntun dari Swedia dan Austria dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Grup C pekan ini. Kekalahan ini praktis sudah mengubur peluang Irlandia lolos ke putaran final Piala Dunia 2014.

Setelah kekalahan melawan Austria, sosok yang dipanggil Mr. Trap itu tadinya masih belum mau meletakkan jabatannya. Mantan pelatih tim Italia tersebut ingin mentaati kontraknya yang baru akan habis Juni tahun depan.

Namun dengan hasil buruk yang diperoleh, asosiasi sepak bola Irlandia merasa posisi Trappatoni tidak bisa dipertahankan lagi. Kedua pihak terkait pun sepakat mengakhiri ikatan kerja sama. Selain Trapattoni, asisten Marco Tardelli dan pelatih kebugaran Fausto Rossi pun turut hengkang.

Dalam pernyataan resminya, Trapattoni mengucapkan terima kasih untuk dukungan yang diterimanya selama lima setengah tahun menjabat, serta berharap kesuksesan menaungi timnas Irlandia.

"Terima kasih untuk semua pihak yang sudah mendukung kami. Arti dukungan kalian sangat berarti. Kami meninggalkan negara ini dengan banyak emosi, sebab kami memahami para suporter Irlandia yang telah memiliki reputasi internasional. Saya ingin berterima kasih pada John Delaney, Paddy McCaul, Michael Cody dan dewan FAI untuk dukungan dan persahabatan selama lima setengah tahun ini,"

"Saya juga berterima kasih kepada staf FAI, termasuk anggota tim pelatih dan para pemain yang telah bekerja sangat baik di tiga turnamen terakhir. Saya berharap kesuksesan untuk mereka, serta semoga pekerjaan yang kami tinggalkan membawa warisan yang baik untuk suksesor saya nantinya," kata Trapattoni.

Bersama Trapattoni, Irlandia nyaris lolos ke Piala Dunia 2010. Namun mereka gagal setelah takluk atas Perancis di play-off lewat gol kontroversial Thierry Henry. Selain itu, di bawah kepelatihan Trapattoni, Irlandia lolos ke Piala Eropa 2012. Turnamen tersebut merupakan turnamen besar pertama yang diikuti Irlandia sejak terakhir kali tampil di Piala Dunia 2002. Dalam kompetisi tersebut, Irlandia hanya sampai pada babak fase grup.

Dengan lowongnya posisi pelatih, nama Martin O'Neill muncul sebagai kandidat kuat suksesor Trapattoni. Apalagi O'Neill  baru saja menganggur setelah hengkang dari Sunderland Maret lalu. FAI menyatakan akan mengadakan rapat untuk mendiskusikan penunjukan pelatih baru.

Laporan Kompas.com




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.