Skuat Timnas U-19 Belum Tetap

By Tulus Muliawan - Selasa, 12 November 2013 | 09:23 WIB
Indra Sjafri, Pelatih Timnas U-19.
Fahrizal Arnas/Bolanews
Indra Sjafri, Pelatih Timnas U-19.

19 yang berlaga di putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar 2014 akan sama dengan saat fase penyisihan grup G Piala AFC U-19 lalu. Perombakan pemain masih mungkin terjadi demi mendapatkan format tim terbaik.

Menurut Indra, semua tergantung hasil evaluasi. Bisa jadi tidak ada pencoretan pemain, bisa juga ada pencoretan. Ada empat faktor yang bakal menjadi acuan untuk menyeleksi pemain dalam Training Center (TC) tahap I di Batu hingga 9 Januari mendatang.

Keempat faktor itu adalah skill atau kemampuan, taktik, fisik dan mental. "Dilihat juga saat gim-gim internal. Ini semuanya terukur. Nanti akan dijelaskan kenapa (pemain) terpilih atau tidak terpilih," ungkap Indra," di Hotel Kusuma Agrowisata, Kota Batu.

Satu hal lagi yang menjadi acuan seleksi selama TC adalah kedisiplinan pemain. Seperti yang sudah dilakukan, tim pelatih memberikan sanksi larangan main kepada pemain yang datang terlambat.

Namun, sanksi itu hanya berlaku satu kali, dan keesokan harinya pemain kembali diizinkan bergabung dalam latihan. "Kita kasih sanksi tapi yang tidak merugikan pemain," ungkap Indra.

Pada kesempatan itu, Indra juga menjelaskan perihal dipilihnya Batu sebagai tempat TC, setelah sebelumnya dikabarkan bakal menggelarkan di Eropa. Menurutnya, TC di Batu merupakan bagian dari periodeisasi latihan dalam meningkatkan kemampuan fisik.

Sementara itu, TC Timnas U-19 di Batu diikuti 40 pemain. Selain pemain yang sebelumnya tampil di Piala AFF U-19 dan fase penyisihan Piala AFC, ada tambahan beberapa pemain baru.

Nantinya, jumlah pemain akan dikerucutkan menjadi sekitar 22 pemain. Namun, pemangkasan pemain itu baru dilakukan pada Januari mendatang.



Editor : Fahrizal Arnas

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X