Josip Simunic Bantah Lakukan Chant Pro Nazi

By Suryo Wahono - Kamis, 21 November 2013 | 01:13 WIB
Josip Simunic
Daniel Sannum Lauten/Getty Images
Josip Simunic

0 atas Islandia, Rabu (20/11) dini hari WIB.

Di balik kabar kebahagiaan untuk memastikan satu tempat di Piala Dunia 2014, Kroasia diterpa kabar kurang menyenangkan yang dilakukan Josip Simunic.

Pemain berusia 35 tahun itu dianggap telah meneriaki slogan dukungan untuk Nazi saat menang 2-0 atas Islandia. Simunic meluapkan kegembiraannya dengan mengambil mikrofon dan meneriaki pendukung Kroasia dengan kalimat "For the people".

Kalimat itu memiliki hubungan dengan rezim pro Nazi yang memerintah Kroasia selama Perang Dunia II. FIFA kini sedang menunggu laporan pertandingan sebelum memutuskan apakah Simunic akan memulai proses disipliner.

Namun, bek Dinamo Zagreb itu membantah bahwa tidak ada maksud apapun dibalik luapan kegembiraannya itu. Simunic menegaskan tidak ada motivasi politik atas perbuatannya.

"Saya menolak konteks politik apapun dalam pernyataan saya. Hal itu dilakukan semata-mata sebagai bukti rasa cinta terhadap pendukung dan negara saya, bukan dari kebencian dan kehancuran," kata Simunic seperti dikutip Sky Sports.

"Pemikiran siapa pun bisa mengasosiasikan saya dengan segala bentuk kebencian atau kekerasan itu sangat menakutkan. Saya tidak melakukan kesalahan. Saya mendukung Kroasia, tanah air saya. Jika seseorang menetangnya, itu adalah masalah mereka," jelas Simunic.




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X