Perjuangan Mempopulerkan Bisbol ke Anak-anak Indonesia

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 19 Desember 2018 | 18:27 WIB
Atlet bisbol Jepang dari klub Fukuoka Softbank Hawks, Shuhei Fukuda, memberikan arahan kepada atlet bisbol junior Indonesia di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (19/12/2018).
PB PERBASASI
Atlet bisbol Jepang dari klub Fukuoka Softbank Hawks, Shuhei Fukuda, memberikan arahan kepada atlet bisbol junior Indonesia di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Dua atlet bisbol Jepang, Keizo Kawashima dan Shuhei Fukuda, memiliki keinginan besar untuk mempopulerkan cabang olahraga yang mereka geluti di Indonesia.

Kebetulan, berkat bantuan perusahaan konstruksi Ohama Group dan PB Perbasasi, Kawashima dan Fukuda mendapatkan kesempatan untuk menularkan ilmu bisbolnya kepada ratusan atlet di Indonesia.

Mereka pun sempat melakukan pelatihan di Lapangan Softball Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Menurut dua pemain yang memperkuat klub Fukuoka Softbank Hawks tersebut, orang-orang Indonesia sebetulnya memiliki struktur badan dan potensi yang mumpuni untuk bermain bisbol.

Namun, antusiasme masyarakat dalam memainkan olahraga tersebut belum signifikan. Terlebih lagi, selama ini kerap ada anggapan bahwa bisbol adalah olahraga mahal.

Peralatan bisbol seperti tongkat, sarung tangan, dan lain-lain nyatanya memang masih sulit didapat di Indonesia.

"Dari kunjungan ini, saya mencatat bahwa bisbol bukanlah olahraga populer di Indonesia. Kita harus pikirkan dulu, bagaimana caranya agar orang Indonesia menyukai bisbol, karena itulah kuncinya," ujar Fukuda saat konferensi pers.

Wakil Ketua Umum PB Perbasasi, Leo Agus Cahyono, menyatakan bahwa Indonesia sebetulnya memiliki fasilitas lapangan bisbol yang cukup baik, meski faktanya belum ada kompetisi reguler.

Baca juga:


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.