Atlet Difabel dan Usaha Memperkenalkan Basket Kursi Roda di Indonesia

By Nugyasa Laksamana - Senin, 25 Juni 2018 | 20:22 WIB
Para pemain tim nasional basket kursi roda Indonesia berbincang-bincang seusai laga uji coba melawan Thailand, di Old Sports Hall, British School Jakarta, Senin (25/6/2018).
NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM
Para pemain tim nasional basket kursi roda Indonesia berbincang-bincang seusai laga uji coba melawan Thailand, di Old Sports Hall, British School Jakarta, Senin (25/6/2018).

Pada laga uji coba yang di Old Sports Hall, Bristish School Jakarta, Tangerang Selatan, Senin (25/6/2018) sore, tim nasional basket kursi roda Indonesia terlihat masih kalah kualitas dari tim Thailand.

Bermaterikan 12 pemain yang berasal dari berbagai latar belakang cabang olahraga difabel, Indonesia menelan kekalahan telak 9-60 dari skuat Negeri Gajah Putih.

Baca juga: PBSI Incar Satu Gelar dari Malaysia Open 2018

Timnas basket kursi roda Indonesia memang belum lama dibentuk. Seleksi pemain baru dilakukan pada akhir 2017, dan pemusatan latihan nasional untuk Asian Para Games (APG) 2018 dimulai pada Januari lalu.

Terlebih lagi, sejumlah pemain Indonesia baru "mencicipi" permainan bola basket. Sebelumnya, ada pemain yang pernah menjadi atlet para renang, bulu tangkis, tenis meja, dan lain-lain.

Kapten timnas basket kursi roda Indonesia, Donald Putra Santoso, mengakui bahwa dia dan rekan-rekan setimnya tak menargetkan medali pada APG 2018.

Donald sadar, jika dibandingkan dengan kekuatan negara-negara Asia lainnya yang akan berlaga pada APG 2018, Indonesia jelas masih tertinggal jauh.

"Kami ini timnas basket kursi roda pertama di Indonesia. Jadi jelas targetnya bukan medali. Kalau dapat ya syukur. Namun, bagi saya dan teman-teman, kami ingin memunculkan awareness (kesadaran) akan adanya olahraga ini di Indonesia," kata Donald.


Tim nasional basket kursi roda Indonesia berfoto sesuai menjalani laga uji coba melawan Thailand, di British Jakarta School (BSJ), Tangerang Selatan, Senin (25/6/2018).(NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COM)

"Dengan adanya kesadaran itu, kami bisa mendapatkan lebih banyak dukungan pada masa mendatang, mendapatkan pemain lebih banyak, dan yang terpenting menambah kepercayaan diri," tutur dia.


Editor : Nugyasa Laksamana
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.