Afghanistan, Negara Peserta Asian Games 2018 yang Hanya Tak Tampil 4 Kali

By Aprelia Wulansari - Selasa, 19 Juni 2018 | 08:12 WIB
Kontingen Afghanistan melakukan parade pada pembukaan Asian Games 2014 di Incheon Asiad Main Stadium, 19 September 2014.
JUNG YEON-JE / AFP
Kontingen Afghanistan melakukan parade pada pembukaan Asian Games 2014 di Incheon Asiad Main Stadium, 19 September 2014.

 Berdasarkan abjad, negara pertama yang disebut di dunia adalah Afghanistan.

Negara yang terletak di Asia Selatan itu juga merupakan negara yang duduk di urutan pertama Asia jika berdasarkan susunan alfabet.

Negara yang memiliki penduduk sekitar 34 juta jiwa ini akan menjadi salah satu peserta Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

(Baca Juga: Real Madrid Persilakan Cristiano Ronaldo ke Manchester United, asal...)

Afghanistan National Olympic Committee (ANOC) dibentuk pada 1935 dan diakui oleh IOC (Komite Olimpiade Internasional) setahun setelahnya.

Afghanistan pun telah berpartisipasi di Asian Games sejak ajang multicabang empat tahunan itu digelar perdana pada 1951 di New Delhi, India.

Sejak saat itu, Afghanistan hampir selalu ikut dan hanya tak hadir empat kali di Asian Games, yakni di Thailand 1970, 1978, dan 1998 serta Korea Selatan 1986.

Dalam 13 edisi Asian Games, negara yang sempat dikuasai Taliban ini telah mengoleksi 5 perak dan 6 perunggu.

Kriket, taekwondo, dan tinju adalah cabang yang mempersembahkan medali untuk negara yang berbatasan dengan Iran, Pakistan, Turkmenistan, Tajikistan, dan China itu.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Tabloid BOLA, insidethegames.biz


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.