Kisah Tragis Atlet Israel yang Dibantai Ketika Serangan Teror pada Olimpiade Munich 1972

By Intisari Online - Jumat, 8 Juni 2018 | 14:12 WIB
 Tim nasional Israel
Dok. Sky Sports
Tim nasional Israel

Inilah tragedi memilukan yang diterima oleh atlet Israel ketika bertanding di Olimpiade Munich pada tahun 1972 silam yang menwaskan dua orang atletnya.

PestaAsia - Sebelum Israel menjadi satu-satunya tim yang dikucilkan di Asia bahkan dunia merekeka adalah satu diantara tim asia yang tampil menonjol di kancah Internasional.

Israel disebutkan sebagai sebuah tim yang mewakili harapan suatu bangsa untuk menemukan tempatnya di lingkungannya dan di dunia setelah kengerian yang mereka alami Perang Dunia II dan Holocaust.

Bahkan setelah 67 tahun menyatakan diri sebagai bangsa, Israel masih berusaha untuk menemukan tempatnya, bahkan hingga kini.

Namun, nahasnya sebuah tragedi mengerikan sempat menimpa mereka selama Olimpiade Musim Panas 1972 di Munich, di pagi hari 5 September, sekelompok teroris Palestina mengebom apartemen Olympic Village dari atlet Israel.

Akibat tindakan tersebut setidaknya dua orang tewas dan sembilan orang lainnya ditangkap sebagai sandera. 

Para teroris adalah bagian dari kelompok yang dikenal sebagai Black September, jika Israel meminta pemebebasan sandra.

Mereka meminta imbalan pada Israel untuk melepaskan lebih dari 230 tahanan Arab yang ditahan di penjara Israel dan dua teroris Jerman. 

Dalam tembak-menembak di bandara Munich, sembilan sandera Israel tewas bersama lima teroris dan satu polisi Jerman Barat. 

Kompetisi Olimpiade dihentikan selama 24 jam untuk mengadakan upacara peringatan bagi para atlet yang gugur.


Editor :
Sumber : Intisari Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.