Israel, Sebagai Sebuah Tim yang Hilang dari Kancah Sepak Bola Asia

By Intisari Online - Kamis, 7 Juni 2018 | 16:11 WIB
Gelandang Spanyol, Jonathan Viera (kanan), berebut bola dengan bek Israel, Eytan Tibi, dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Teddy, Yerusalem, pada 9 Oktober 2017.
THOMAS COEX/AFP
Gelandang Spanyol, Jonathan Viera (kanan), berebut bola dengan bek Israel, Eytan Tibi, dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa di Stadion Teddy, Yerusalem, pada 9 Oktober 2017.

Kisah perjalanan Israel sebagai sebuah tim sepak bola yang menghilang dari kancah sepak bola Asia, rupanya pernah berjaya di masa lalu.

Intisari-online.com - Sebuah cuplikan pernah muncul di Youtube menunjukkan bagaimana Israel bermain dengan Iran di Final Piala Asia 1968.

Pertandingan tersebut dimainkan di Teheran dan Iran mengalahkan juara bertahan Israel dengan skor 2-1 untuk memenangkan piala Asia kala itu.

Rekaman tersebut berdurasi 42 detik yang menunjukkan Iran mencetak dua kali gol untuk memperoleh penghargaan tersebut.

Itulah segelintir kisah bagaimana Israel adalah satu diantara tim yang pernah bermain di kancah Asia sebagai tim sepakbola.

 

Namun, jauh sebelum itu Israel telah memenangkan turnamen bergengsi tersebut pada tahun 1964, menumbangkan Korea Selatan dengan skor 2-1 dan mengamankan gelar Juara.

Sebelumnya Israel juga berhasil menyabet peringkat runner-up Piala Asia pada tahun 1956 dan 1960.

Tim Israel adalah kumpulan orang Yahudi lokal dan asing dan berasal dari berbagai negara dengan pelatih tim, Yosef Merimovich, lahir di Siprus, bintang mudanya Mordechai Spiegler lahir di Uni Soviet, bek David Primo yang berasal dari Bulgaria. 

Waktu itu Israel adalah sebuah tim yang dalam banyak hal mewakili harapan suatu bangsa yang berusaha untuk menemukan tempatnya di lingkungannya dan di dunia setelah kengerian Perang Dunia II dan Holocaust.


Editor :
Sumber : Intisari Online


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X