Sejarah Skateboarding, Salah Satu Olahraga yang Ada di Asian Games 2018

By HAI Online - Kamis, 7 Juni 2018 | 14:22 WIB
Aksi pemain skateboard, Ishod Wair, dalam kejuaraan Street League Skateboarding Nike SB World Tour: Newark 2016 di Prudential Center, Newark, New Jersey, AS, pada 28 Agustus 2016. Skateboard, salah satu olahraga ekstrem yang ditampilkan di TAFISA Games 2016 dan digelar di Pantai Carnival, Ancol, 6-12 Oktober.
ANTHONY GEATHERS/GETTY IMAGES
Aksi pemain skateboard, Ishod Wair, dalam kejuaraan Street League Skateboarding Nike SB World Tour: Newark 2016 di Prudential Center, Newark, New Jersey, AS, pada 28 Agustus 2016. Skateboard, salah satu olahraga ekstrem yang ditampilkan di TAFISA Games 2016 dan digelar di Pantai Carnival, Ancol, 6-12 Oktober.

Kamu pasti memperhatikan akhir-akhir ini olahraga skateboarding kembali jadi tren di Indonesia. Di sudut jalanan kamu bisa berjumpa banyak penggelut olahraga ini bermain, dan maraknya terbentuk skatepark di Indonesia juga mengamini tren olahraga ini.

Coba yuk kita ketahui dulu sejarahnya skateboarding!

Jadi skateboarding pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 1940 – 1950-an oleh Frank Nasworthy peselancar dari California, yang pada saat itu ingin mencari alternatif lain bermain surfing ketika air laut tidak berombak. Mulai saat itulah permainan skateboard dimainkan, dan papan pertama yang dibuat hampir mirip dengan papan surfing, namun ukurannya agak kecil dan diberi ban roller skate.


Pada tahun 1970-an, Frank Nasworthy membuat ban skateboard dari bahan polyurethane atau yang biasa disebut Cadillac. Dengan dibuatnya ban baru skateboard tersebut, membuat popularitas skateboard berkembang pesat. Banyak perusahan pabrik di California yang memodifikasi papan – papan skateboard. Seiring berkembangnya olahraga ini, banyak sekali modifikasi yang akhirnya melahirkan papan skateboarding seperti sekarang.


Cek: Ini Dia Lagu Via Vallen untuk Asian Games 2018, Meraih Bintang


Nah sejak kapan sih sebetulnya skateboarding tren di Indonesia? Skateboard mulai masuk ke Indonesia pada tahun 80-an. Para pecinta skate di Indonesia mendapatkan informasi seputar skate di dunia melalui video-video dan membaca majalah skateboard dari luar negeri. Seiring berjalannya waktu, olahraga yang tergolong ekstrim ini semakin berkembang di anak muda Indonesia. Dengan semakin dicintainya olahraga skateboard ini mulailah muncul event – event kejuaraan skateboard di Indonesia. Melahirkan banyak komunitas skateboarding dan tentunya atlet skateboarding.


Skateboarding sendiri akan dipertandingkan lho di Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia. Olahraga ini menggenapkan jumlah cabang olahraga di Asian games 2018 menjadi 40 cabang olahraga. Indonesia sebenarnya mengusulkan 30 cabang olahraga, namun OCA menambahkan 1 cabang yaitu Roller Sports (skateboard dan roller skate). OCA merasa perlu menampilkan Roller Sports karena skateboard akan ditampilkan di Olimpiade Tokyo 2020, sedangkan roller skate bakal ditampilkan dalam Youth Olympic 2019 di Buenos Aires, Argentina. Asian Games 2018 dianggap sebagai sarana yang tepat untuk menguji kompetisi cabang Olimpiade tersebut.

Arena cabang Roller Sports di Asian Games 2018, menurut rencana akan disiapkan di Jakabaring Sports City, Palembang dan GOR Saparua Bandung. Di kedua tempat tersebut sudah ada arena roller skate, tinggal menambahkan trek untuk skateboard. Siap-siap ya untuk menyaksikan pertandingan seru skateboarding di sini!

 


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.