Inilah 10 Fakta Menarik yang Berkaitan dengan Balapan MotoGP Italia

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 3 Juni 2018 | 15:28 WIB
Dua pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi saling berpelukan usai sesi kualifikasi MotoGP Italia 2018 berakhir pada Sabtu (2/6/2018).
twitter.com/YamahaMotoGP
Dua pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi saling berpelukan usai sesi kualifikasi MotoGP Italia 2018 berakhir pada Sabtu (2/6/2018).

Sejumlah data dan fakta menarik mewarnai MotoGP Italia. Dikutip dari situs resmi MotoGP, terdapat 10 poin yang patut diketahui jelang balapan yang akan berlangsung pada hari ini pukul 19.00 WIB.

Balapan MotoGP Italia diyakini bakal menarik lantaran Valentino Rossi (Movistar Yamaha) berhasil memastikan start terdepan (pole position) dengan mengungguli Jorge Lorenzo (Ducati) dan Maverick Vinales (Movistar Yamaha).

Sementara itu, posisi start ke-4, ke-5, dan ke-6 secara berurutan ditempati oleh Andrea Iannone (Suzuki Ecstar), Danilo Petrucci (Alma Pramac Racing), dan Marc Marquez (Repsol Honda Team).

(Baca juga: Wah! Ternyata Teknologi MotoGP Kalah Jauh dibanding Superbike)

Berikut ini adalah 10 fakta dan data menarik yang berkaitan dengan MotoGP Italia.

1. Valentino Rossi untuk kali pertama start posisi terdepan (pole position) sejak Motegi 2016. Keberhasilan itu merupakan pole position ke-65 sepajang kariernya pada ajang grand prix, menyamai pencapaian Jorge Lorenzo. Adapun yang terbanyak adalah Marc Marquez dengan catatan 74 kali.


Valentino Rossi memamerkan desain helm terbarunya saat sesi latihan bebas MotoGP Italia, Sabtu (2/6/2018).(DOK. YAMAHA MOTOGP)

2. Pada usia 39 tahun 106 hari, Valentino Rossi menjadi pebalap tertua yang memulai balapan dari posisi depan pada kelas premier sejak Jack Findlay pada 1974 (39 tahun 121 hari).

3. Pada 64 pole position sebelumnya, Valentino Rossi sukses memenangi 41 balapan dan finis podium 55 kali, dengan 1,68 sebagai posisi rata-rata melewati garis finis.

4. Jorge Lorenzo start di posisi kedua yang notabene adalah posisi barisan depan keempatnya bersama Ducati. Pada tahun lalu di Mugello, dia memimpin balapan pada putaran kedua dan ketiga sebelum turun ke urutan kedelapan.


Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo sedang bersiap untuk menjalani sesi latihan bebas 1 (FP1) di Sirkuit Mugello, untuk MotoGP Italia, Jumat (1/6/2018).(DOK. MOTOGP)


Editor :
Sumber : MotoGP.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.