4 Tips Grinding Saat Main Skateboard

By HAI Online - Kamis, 31 Mei 2018 | 15:59 WIB
Jangan asal pilih sepatu untuk main skateboard. Kaki bisa lecet!
HAI
Jangan asal pilih sepatu untuk main skateboard. Kaki bisa lecet!

Sebagai sebuah olahraga extreme dan lifestyle, skateboard menawarkan banyak sekali hal yang seru. Mulai dari gayanya, sampai trik-triknya, semua patut diikutin.

Ngomongin soal trik, kayaknya kamu belum bisa disebut seorang skater sejati kalau belum bisa nguasain trik grinding. Kenapa? Karena, lewat trik ini, kamu bisa pamer kontrol terhadap papan skater di atas sebuah objek datar dan tipis.

Biasanya anak-anak skate lebih sering melakukan trik grind ini pada Rail atau Funbox yang dibuat sendiri ataupun yang ada di sebuah taman, sekolah, kampus dan skatepark. Walaupun bakal merusak truck bagian bawah papan, tetapi justru itu esensi utamanya.

Tapi nggak mudah lho melakukan trik yang satu ini. So, HAI pun coba minta wejangan dari salah satu skater nasional yang jago banget kalau ngegrind, Satria Vijie!

So, apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan trik ini, yuk simak tips-tips-nya.

Cek: Kenalan Yuk dengan 4 Pegulat Cewek Asia yang Kini Bergulat di WWE

Kenali Jenis Trik Grind-nya
Grinding nggak sekedar melaju di atas rail doang kok. Layaknya trik lainnya, ada kombinasikombinasi yang wajib kamu ketahui. Contohnya 50-50 Grind, 5.O Grind, Nose Grind, hingga Crook Grind. Tetapi yang paling susah adalah Feeble Grind. Di mana, sang skater harus menggesekkan truck belakang dan setengah papan tengah sedikit serong.

Kuasai Teknik Dasarnya


Selayaknya pada olahraga dan trik lainnya, sang skater wajib menguasai teknik dasarnya dulu. Nah, untuk grind, Ollie dan Backside/frontside Oliie adalah syarat utamanya. Tujuannya? jelas agar kita bisa mendapatkan pakem. "Gunanya untuk memudahkan saat melakukan grind di object dan bisa menjaga keseimbangan saat melakukan trick tersebut," pandang Satria, yang sudah malang melintang bertanding di luar negeri.


Pilih Papan yang Presisi
Dalam trik Grind, ukuran dari papan sangatlah berpengaruh, lho. Maklum, keseimbangan dan fokus jadi kunci keberhasilan kamu melakukan trik ini. So, ada baiknya papan yang kamu pilih nyaman dipakai deh. "Jadi kalau papannya terlalu kecil ukurannya biasanya akan lebih sulit dalam menyeimbangkan trik saat grind. Saran gue sih ukuran papan disesuain sama enaknya kamu pakai papan skateboard nggak terlalu kecil nggak terlalu besar," jelasnya.

Belajar Jatuh
Banyak skater yang nggak tahu gimana sih cara jatuh yang aman saat melakukan trik. Nah, yang harus kamu perhatikan adalah posisi tangan terlebih dahulu. "Cara jatuh yg aman saat melakukannya tidak menahan dengan tangan saat jatuh, jika jatuh usahakan untuk berguling, dan usahakan peregangan lebih banyak sebelum melakukan trik grind untuk menghindari cedera," tegas Satria.

Banyak Cari Referensi


Learn from the pro! Khususnya buat para amatir sih. Yap, karena trik ini butuh pelatihan khusus, kamu nggak boleh sembarangan icip-icip. Salah dikit, bisa kejungkal. So, Satria pun nyarin buat kamu nyari referensi di Youtube atau apapun itu. "Cari referensi trik grind itu dan bagaimana jatuhnya, agar menghindari dari cedera serius saat melakukan trik grind ini, intinya harus fokus dan mau nyoba," saran Satria.

 


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.