Belum Banyak yang Tahu, Ini 4 Fakta Menarik Olahraga Anggar

By Redaksi Cewekbanget - Selasa, 15 Mei 2018 | 16:13 WIB
Cheung Ka-long, Atlet Anggar Asal Cina
scmp.com
Cheung Ka-long, Atlet Anggar Asal Cina

 Yuk cari tahu lebih jauh soal olahraga anggar.

Mungkin kita enggak terlalu akrab dengan salah satu cabang olahraga ini. Tapi ternyata ada beberapa fakta menarik soal cabang olahraga anggar yang wajib kita tahu, lho, girls. Yuk, langsung disimak!

Seragam Berwarna Putih

Di antara cabang olahraga lainnya, anggar memiliki warna standar baju yang berbeda. Baju cabang olahraga ini menggunakan seragam berwarna putih dan terbuat dari sutra. Enggak heran kalau baju anggar terlihat lebih mewah.

Olahraga Mewah

Bukan hanya karena seragamnya yang berwarna putih dan terbuat dari sutra, anggar juga dikatakan sebagai olahraga mewah karena harga peralatan mainnya yang mahal. Mulai dari harga pedang, penutup kepala, sampai harga bagi. Saking mahalnya, akhirnya beberapa orang membuka penyewaan peralatan dan baju anggar.

Pedang Anggar 

Pedang anggar ternyata telah mengalami modifikasi siring berjalannya waktu, lho. Dulu, anggar terkenal di Indonesia sejak masa penjajahan Belanda. Rakyat Indonesia tidak menggunakan pedang, tapi bamboo runcing, keris, dan tombak. Seiring berjalannya waktu dan melalui proses panjang, akhirnya olahraga anggar mengalami banyak perubahan.

Pedang dalam permainan anggar dimodifikasi lebih ringan, ramping, dan tidak terlalu tajam. Bagian atas dan bawah juga dibuat sedemikian rupa sesuai fungsinya untuk menyerang dan menangkis. Bagian depan pedang sengaja dibuat tumpul, agar tidak melukai lawan saat tertusuk. Pedang yang sekarang digunakan saat ini pun tidak seperti pedang perang masa penjajahan pada masa dulu.

Penutup Kepala yang Unik




Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.