Nomor Speed Kejuaraan Dunia Panjat Tebing Didominasi oleh Indonesia

By Imadudin Adam - Selasa, 15 Mei 2018 | 07:54 WIB
Agustina Sari, Sabri dan Aries Susanti Rahayu berfoto bersama usai meraih medali pada IFSC World Cup di Tai’an, China, Minggu (13/5/2018).
FPTI
Agustina Sari, Sabri dan Aries Susanti Rahayu berfoto bersama usai meraih medali pada IFSC World Cup di Tai’an, China, Minggu (13/5/2018).

 Timnas sport climbing Indonesia sukses mempertahankan dominasi di kejuaraan panjat tebing dunia (IFSC World Cup) 2018 yang digelar di Tai’an, China, Sabtu-Minggu (12-13 Mei 2018). Dalam ajang ini sebanyak 14 atlet diturunkan.

Dominasi Indonesia dalaml kejuaraan panjat tebing dunia di Tai’an, China, ditunjukkan pada final yang digelar Minggu (13/5). Di nomor speed world record perorangan putra, Indonesia menempatkan enam dari tujuh atlet yang berlaga. Sedang di nomor speed world record perorangan putri, empat dari tujuh atlet yang berlaga sukses menembus babak final.

Timnas sport climbing Indonesia juga sukses meraup tiga medali: dua medali perak dan satu medali perunggu. Dua medali perak masing-masing dipersembahkan oleh Sabri di nomor speed world record perorangan putra dan Agustina Sari di nomor speed world record perorangan putri. Ada pun medali perunggu didapat dari Aries Susanti Rahayu juga dari nomor speed world record perorangan putri.

Sebelum melaju ke babak big final, Sabri terlebih dahulu mengalahkan kompatriotnya Aspar Jaelolo dengan seilish waktu yang tipis: 0,01 detik. Sabri mencatatkan waktu 5,70 detik sedang Aspar 5,71 detik. Sayang dalam partai puncak Sabri gagal mengalahkan atlet asal Perancis Bassa Mawem. Sabri yang mencatatkan waktu 5,75 detik kalah cepat dengan Bassa yang mencatatkan waktu 5,68 detik. Bagi Sabri, raihan medali perak ini adlah yang terbaik sepanjang karirnya di panjat tebing.

“Senang. Cuman apa ya 50 persen senang, 50 persen tidak. Soalnya tadi harusnya bisa emas. Tetap syukur aja dapat perak karena ini pencapaian tertinggi saya dipanjat tebing,” ungkap Sabri seusai laga.

(Baca Juga: BREAKING NEWS - Roberto Mancini Resmi Isi Kursi Kosong Pelatih Timnas Italia)

Di babak big final nomor speed world record perorangan putri, Agustina Sari harus mengakui kecepatan atlet Perancis Anouck Jaubert yang mencatatkan waktu 7,62 detik, terpaut 0,12 detik dari catatan waktu Agustina yang hanya mencatat 7,74 detik.

Meski demikian, capaian ini cukup membuat Agustina Sari semakin percaya diri menatap Asian Games bulan Agustus mendatang. “Kalau sekarang lebih percaya diri. Insya Alloh siap menghadapi Asian Games,” ujar Agustina yakin.

Senada dengan Agustina, Aries Susanti Rahayu juga merasa lebih mantap menghadapi Asian Games setelah mengikuti tiga kejuaraan dunia sebagai program try out pemusatan latihan nasional timnas sport climbing. Aries harus puas dengan medali perunggu setelah dua kali terpeleset pada babak small final maupun babak big final.

Menanggapi raihan medali di Tai’an ini, pelatih kepala timnas sport climbing Indonesia Caly Setiawan mengaku cukup puas. Menurut Caly perolehan medali ini bisa menjadi tolok ukur kesiapan menghadapi Asian Games yang semakin dekat.


Editor : Imadudin Adam
Sumber : Tribunnews.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.