Ingin Berasa Bisa Terbang? Cobain Olahraga Ini

By HAI Online - Kamis, 19 April 2018 | 15:18 WIB
Hang gliding.
Pixabay
Hang gliding.

Mau merasakan enaknya jadi seekor burung? bisa coba olahraga ekstrim ini. Bermodalkan sayap raksasa yang hanya dikaitkan dengan tiang berbentuk segitiga, olahraga ini menuntut kemahiran dalam mengendalikan berat badan. Kesulitan terbesar tentu saja kemampuan sang atlit buat menahan gempuran angin di ketinggian sekitar 1.000-10.000 kaki.

Buat safety, setiap atlit hang gliding wajib mengenakan parasut jika kejadian yang nggak dinginkan terjadi. Posisi pilotnya sendiri ditopang oleh sebuah besi yang dikaitkan ke badang sayap. Semua regulasinya diatur oleh Fédération Aéronautique Internationale yang juga bekerjasama dengan NASA buat pengembangannya.

Ada beberapa teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlit hang gliding. Antara lain Roll (sang pilot menggerak-gerakan tubuh untuk mendorong sayapnya), Yaw (sang pilot bergerak ke kanan dan ke kiri buat mengendalikan sayap), dan pitch (sang pilot merapatkan tubuhnya untuk menerjang angin sehingga sayap mendapatkan aerodinamika yang bagus).

Jawara Karena olahraga ini nggak mungkin diperlombakan secara massal dalam sekali terbang, kompetisinya pun berbasis seberapa sang atlit seberapa tinggi mereka terbang. Rekor dunia untuk sementara dipegang oleh Judy Leden yang mampu terbang di ketinggian 12,390 meter.

 


Editor :
Sumber : HAI-ONLINE.COM


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X