Manajemen Olahraga Modern Bisa Wujudkan Impian Kemenpora

By Aloysius Gonsaga - Senin, 26 Februari 2018 | 09:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang menggunakan kalung bunga, berpose dengan sejumlah atlet taekwondo usai membuka acara Pelatihan Manajemen Olahraga Modern di GOR Lila Bhuana, Jl Melati Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2/2018).
ALOYSIUS GONSAGA/KOMPAS.COM
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang menggunakan kalung bunga, berpose dengan sejumlah atlet taekwondo usai membuka acara Pelatihan Manajemen Olahraga Modern di GOR Lila Bhuana, Jl Melati Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2/2018).

Impian Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi untuk memiliki 100.000 pelatih berkualitas bisa terwujud dengan adanya Manajemen olahraga modern yang digelar di GOR Lila Bhuana, Bali, Sabtu, (24/2/2018).

Sejumlah 500 peserta yang merupakan pengurus KONI Provinsi Bali, mahasiswa, para pengurus cabang olahraga, pelatih olahraga dan praktisi olahraga terlibat dalam acara tersebut. Ini menjadi langkah awal untuk merealisasikan target satu pelatih minimal bisa mengidentifikasi dan melatih satu orang atlet potensial.

"Jangka panjangnya, Indonesia harus punya ratusan ribu wasit, juri, pelatih yang berlisensi internasional karena pada saatnya harus mewarnai SEA Games, Asian Games, Olimpiade dan kejuaraan dunia," ujar Imam.

"Saat ini Indonesia masih kekurangan jumlah pelatih, oleh karena itu, tahun ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih sebanyak 100 ribu. Setiap pelatih diharapkan minimal dapat mengidentifikasi dan melatih satu atlet potensial maka pada masa mendatang kami akan mendapatkan 100 ribu atlet untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlet nasional." lanjutnya.

(Baca Juga: Persipura, Agnes Monica, dan Piala AFC dari Sudut Pandang Orang Kota)

Menpora juga berharap pelatih saat ini harus melek terhadap era digital. Artinya, mereka harus meninggalkan manajemen tradisional sehingga Indonesia tidak ditinggal jauh oleh negara-negara lain yang sudah menerapkan manajemen olahraga modern.

"Semakin ke depan, semakin banyak inovasi, improvisasi dan gagasan yang tidak boleh ditolak tetapi justru sebaliknya di mana harus beradaptasi, termasuk manajemen olahraga modern yang harus bisa diterima," ujar Imam.

"Sekarang ini jangan lagi mengunakan manajemen tradisional karena nanti kita akan ditinggalkan oleh negara-negara lain. Negara-negara lain itu betul-betul menerapkan semuanya dengan baik," tambahnya.

Hal senada diungkapkan oleh Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Marheni Dyah Kusumawati. Dia berharap para pelatih tidak hanya mengandalkan pengalaman masa lalu tetapi menggunakan teknologi untuk bekerja.

 


Editor : Imadudin Adam
Sumber : kompas.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.