Sempat Diprotes Ibunda, Kevin Sanjaya Sukamuljo Kini Menuai Hasil

By Nugyasa Laksamana - Selasa, 6 Februari 2018 | 18:55 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada final Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018)
GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM
Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada final Indonesia Masters 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (28/1/2018)

Ada peran besar dari pelatih di klub bulu tangkis PB Djarum di balik kesuksesan Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi pemain ganda putra terbaik dunia saat ini.

Program Director Bakti Olahraga Foundation Yoppy Rosimin mengisahkan masa awal Kevin ketika masih menimba ilmu di PB Djarum. Yoppy bercerita, sebelum menjadi pemain ganda seperti sekarang, Kevin ternyata pernah bermain di sektor tunggal.

Namun, pada akhirnya pelatih PB Djarum, Fung Permadi, menilai bahwa Kevin lebih punya potensi di sektor ganda. Menurut Yoppy, saat Kevin hendak dipindahkan ke sektor ganda, PB Djarum mendapatkan protes dari ibunda sang atlet.

Baca juga: PB Djarum Kembali Gelar Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis

"Dulu waktu di sektor single, Kevin nggak pernah juara. Kemudian Fung punya pandangan bahwa anak itu lebih berpotensi di ganda," kata Yoppy pada sesi konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/2/2018).

"Setelah itu kami pindahkan dia ke sektor ganda, tetapi ibunya komplain keras. Akhirnya saya janji, jika Kevin kurang bagus di sektor ganda, nanti akan kami kembalikan ke sektor tunggal," ujar Yoppy.

Keputusan PB Djarum memindahkan Kevin ke sektor ganda rupanya tak keliru. Terbukti, dia bersama Marcus Fernaldi Gideon mampu menyabet banyak gelar juara dan mereka kini merupakan pasangan ganda putra nomor satu dunia.

"Kevin ternyata bermain bagus di sektor ganda. Ketika saya tanya lagi ke ibunya apakah Kevin perlu dikembalikan ke sektor tunggal, ibunya langsung bilang, 'Nggak usah, Pak. Ini sudah benar" tutur Yoppy seraya tertawa

PB Djarum telah melahirkan banyak atlet bulu tangkis yang berprestasi di kancah internasional. Beberapa nama pemain jebolan PB Djarum yang berprestasi di antaranya Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Mohammad Ahsan, dan Praveen Jordan.


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X