Ini yang Dilakukan National Paralympic Committee DKI Jakarta untuk Memotivasi Atlet

By Septian Tambunan - Jumat, 29 Desember 2017 | 09:04 WIB
Salah satu pengisi acara dalam sosialisasi Asian Para Games 2018.
INAPGOC
Salah satu pengisi acara dalam sosialisasi Asian Para Games 2018.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) DKI Jakarta, Welly Ferdinandus, berbicara secara mendalam soal atlet disabilitas Indonesia dalam acara sosialisasi Asian Para Games 2018 di Cilandak Town Square, Jakarta, pada Jumat (22/12/2017).

Di mata Welly Ferdinandus, tantangan tersulit selain merekrut calon atlet ke National Paralympic Committee (NPC) yang merupakan wadah untuk olahraga bagi penyandang disabilitas, adalah membangkitkan mental sang kandidat.

"Cara membangun mental memang susah sekali. Apalagi untuk memberi pengertian kepada orang tuanya," kata Welly kepada BolaSport.com.

"Mereka berpikir cari kerjaan saja sudah susah karena memiliki kekurangan. Namun, kita mempunyai cerita dan dokumentasi bahwa olahraga kita tidak hanya di Indonesia, tetapi sampai ke luar negeri," ucap Welly.

Ketua National Paralympic Committee DKI Jakarta, Welly Ferdinandus, berpose dalam acara sosialisasi Asian Para Games 2018 di Cilandak Town Square, Jakarta, pada 22 Desember 2017.
SEPTIAN TAMBUNAN/BOLASPORT.COM
Pimpinan NPC Ibu Kota ini juga kerap menyebut naik pesawat bisa menjadi penyemangat bagi para calon atlet.

"Di ASEAN, di mana ada ASEAN Games, di situ ada ASEAN Para Games. Itu sudah satu paket di dunia. Bahkan, Para Games ada pada Olimpiade Rio de Janeiro Brasil 2016," ujar Welly.

"Hal tersebut yang sering saya motivasi bahwa mereka bisa terbang ke luar negeri, bertemu bapak Presiden, dan mengibarkan bendera Merah Putih di luar negeri. Kita juga dapat bonus sama dengan atlet-atlet non disabilitas, begitu juga dengan kesempatan kerja seperti jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)," tutur Welly.

Asian Para Games 2018, yang akan bergulir di Jakarta, hadir dengan slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" serta membawa empat misi, yaitu determination, courage, equality, dan inspiration.

Keempat misi ini diharapkan dapat memperkenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi segala tantangan, baik fisik maupun mental.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BolaSport.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.