Atlet Disabilitas Jadi Pelepas Dahaga Prestasi Olahraga Nasional

By Imadudin Adam - Rabu, 13 Desember 2017 | 08:19 WIB
Atlet renang difabel Indonesia, Laura Aurelia Dinda (tengah), meraih medali emas nomor 50 meter gaya bebas putri S5 pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (21/9/2017).
MEDIA CDM APG
Atlet renang difabel Indonesia, Laura Aurelia Dinda (tengah), meraih medali emas nomor 50 meter gaya bebas putri S5 pada ASEAN Para Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (21/9/2017).

 Besarnya bangsa Indonesia tak menjamin banyaknya prestasi olahraga yang didapat dan cobalah engok pencapaian negeri ini dalam multievent olahraga kelas dunia. Penulis: Mikhael Gewati  

Olimpiade musim panas misalnya. Selama mengikuti pesta olahraga antarnegara di dunia tersebut, Indonesia belum pernah menghuni posisi 20 besar.

Untuk level Asia, pencapaian Indonesia juga tidak terlalu istimewa. Usai pesta olahraga negara-negara se-Asia (Asian Games) di Jakarta tahun 1962, republik ini tak pernah lagi masuk dalam lima besar tabel perolehan medali.

Terakhir pada Asian Games di Incheon, Korea Selatan, tahun 2014, Indonesia hanya menduduki ranking ke-17 klasemen perolehan medali. Total negeri ini mengumpulkan 20 medali yang terdiri dari 4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu.

(Baca Juga: Ini Jadwal Siaran Langsung BWF Superseries Finals 2017 di Kompas TV)

Penurunan prestasi juga terjadi pada ajang olahraga antarnegara di Asia Tenggara (SEA Games) seperti dikutip Juara.net dari Kompas.com.

Terkini pada SEA Games, Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2017.

Pada event dua tahunan itu, kontingen Indonesia hanya berada di peringkat ke-5. Hasil itu pun menjadi catatan terburuk republik ini selama mengikuti SEA Games.

Capaian-capaian di atas pun kembali memancing pertanyaan, apa untungnya republik ini masuk dalam jajaran empat besar negara berpopulasi terbesar di dunia?

Padahal, seharusnya dengan modal itu, Indonesia mampu melahirkan banyak atlet kelas dunia dan membawa negeri ini bergelimang prestasi pada gelaran multievent internasional. Namun,  kenyataannya tidak.



Editor : Imadudin Adam
Sumber : kompas.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X