Posisi Start GP Jepang Setelah 5 Pebalap Terkena Penalti

By Nugyasa Laksamana - Minggu, 8 Oktober 2017 | 09:33 WIB
Pebalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton, saat menjalani sesi kualifikasi GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Sabtu (7/10/2017).
FORMULA 1
Pebalap Mercedes dari Inggris, Lewis Hamilton, saat menjalani sesi kualifikasi GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Sabtu (7/10/2017).

Posisi start balapan Formula 1 (F1) GP Jepang mengalami perubahan yang cukup signifikan setelah lima pebalap terkena penalti karena pergantian komponen.

Kelima pebalap yang dimaksud adalah Valtteri Bottas (Mercedes), Kimi Raikkonen (Ferrari), Jolyon Palmer (Renault), Carlos Sainz Jr (Scuderia Toro Rosso), dan Fernando Alonso (McLaren-Honda).

Bottas dan Raikkonen dijatuhi hukuman mundur lima posisi start pada GP Jepang karena mengganti gearbox.

Baca juga:

Berdasarkan peraturan F1, setiap pebalap hanya diperbolehkan mengganti gearbox setelah menjalani enam seri balapan.

Dengan demikian, Bottas yang tadinya di urutan ke-2 bakal start dari posisi ke-6, sedangkan Raikkonen ke-10 (sebelumnya urutan ke-6).

Sementara itu, Palmer, Alonso, dan, Sainz terkena penalti karena mengganti komponen power unit. Bobot hukuman yang mereka terima berbeda.

Sainz dan Palmer mundur 20 posisi start. Adapun Alonso terhitung mundur 35 posisi start.

Pole position GP Jepang diraih oleh rekan setim Bottas, Lewis Hamilton. Pebalap asal Inggris itu menorehkan waktu putaran 1 menit 27,319 detik.

Posisi start kedua ditempati oleh Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari), dan urutan ketiga diduduki oleh Daniel Ricciardo (Red Bull Racing).


Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : Formula1.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X