Presiden IAAF: Usain Bolt Sejajar dengan Muhammad Ali

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 1 Agustus 2017 | 18:29 WIB
Sprinter Jamaika, Usain Bolt (tengah), melakukan selebrasi khas Bolt bersama para dancer setelah memenangi lomba lari nomor 100 meter pada IAAF Diamond League, Monako, Jumat (21/7/2017).
VALERY HACHE/AFP PHOTO
Sprinter Jamaika, Usain Bolt (tengah), melakukan selebrasi khas Bolt bersama para dancer setelah memenangi lomba lari nomor 100 meter pada IAAF Diamond League, Monako, Jumat (21/7/2017).

Presiden Asosiasi Internasional dari Federasi Atletik (International Association of Athletics Federations/IAAF) Lord Coe menilai Usain Bolt adalah sosok yang jenius dan memberi dampak besar bagi olahraga atletik seperti halnya Muhammad Ali pada tinju.

"Dia adalah sprinter terbaik sepanjang masa," ucap Coe yang dilansir BBC, Selasa (1/8/2017).

"Usain Bolt adalah seorang jenius. Saya pikir, selain Muhammad Ali, tidak ada lagi sosok atlet yang memberi dampak sebesar ini dalam suatu cabang olahraga," kata Coe lagi.

Bolt akan menjalani kompetisi lari terakhirnya pada Kejuaraan Dunia Atletik 2017 di London, Inggris, 4-13 Agustus.

Sepanjang kariernya, Bolt telah meraih 11 medali emas dari kejuaraan dunia, tiga di antaranya didapat dari disiplin lari jarak pendek nomor 100 meter (m).

Selain merajai kejuaraan dunia, Bolt juga tampil dominan pada Olimpiade.

Baca juga:

Pelari 30 tahun ini tercatat mengoleksi delapan medali emas Olimpiade, mulai dari Beijing 2008, London 2012, dan Rio 2016.

"Apa yang akan kami rindukan adalah personalitasnya. Rasanyan menyenangkan untuk memiliki seseorang yang memiliki pandangan serta mampu mengisi ruangan dan stadion," kata Coe.

"Kami tidak akan mengganti Usain Bolt, bukan karena tidak ada lagi yang bisa memenangi kompetisi seperti dia, tetapi karena personalitasnya yang begitu dominan," ucap Coe lagi.



Editor : Diya Farida Purnawangsuni
Sumber : BBC

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X