Raiola, Man United, dan Silaturahmi yang Sempat Diputus Ferguson

By Anju Christian Silaban - Selasa, 11 Juli 2017 | 09:43 WIB
Mino Raiola menghadiri presentasi OGC Nice d Stadion Allianz Riviera, 2 September 2016.
VALERY HACHE/AFP
Mino Raiola menghadiri presentasi OGC Nice d Stadion Allianz Riviera, 2 September 2016.

 "Saya tidak menyukai beberapa agen sepak bola. Mino Raiola, agen Paul Pogba, adalah salah satunya," tulis Sir Alex Ferguson dalam buku berjudul "Leading".

Kalimat tersebut mengacu pengalaman Ferguson ketika berupaya menahan Pogba pada musim panas 2012. Saat itu, kontrak Pogba yang berdurasi tiga tahun segera kedaluwarsa.

Manchester United sebetulnya memiliki opsi penambahan satu tahun. Untuk mengaktifkannya, Ferguson sudah melayangkan undangan kepada Raiola.

"Pertemuan pertama adalah kegagalan. Saya dan Raiola seperti minyak serta air," tulis Ferguson menambahkan.

Pogba akhirnya menerima pinangan Juventus dengan status bebas transfer. Sejak itu, tali silaturahmi antara Manchester United dengan Raiola sempat terputus.

Dari 2012 hingga 2013, ketika Ferguson memutuskan pensiun, tim beralias Setan Merah tidak pernah menjalani negosiasi transfer dengan Raiola.

Baru setelah Ferguson mundur, Raiola kembali merapat ke Old Trafford. Dia memulainya dengan menjajaki transfer Sergio Romero pada 2015. Pemilk nama terakhir bergabung ke Manchester United secara gratis karena ikatan kerja sama dengan Sampdoria habis.

Kepindahan Romero menjadi pintu masuk Raiola ke markas klub. Setahun berselang, dia merampungkan transfer tiga pemain sekaligus, yaitu Zlatan Ibrahimovic (gratis), Henrikh Mkhitaryan, dan Paul Pogba.

Baca juga: Ketika Paul Pogba Dituntut Jadi Pemain "3 In 1"

Manchester United sebenarnya bisa saja menunggu satu tahun untuk mendapatkan Mkhitaryan secara gratis. Sebab, dia telah menolak pembaruan kontrak dari Borussia Dortmund yang bakal kedaluwarsa pada 30 Juni 2018.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X