Gas Air Mata dan Berdesakan Masuk Stadion, 8 Penonton Meninggal Dunia

By Jumat, 7 Juli 2017 | 08:16 WIB
Peter Mutharika, Presiden Malawi, berempati kepada korban insiden gas air mata di Stadion Nasional Bingu, Kamis (6/7/2017).
AFP
Peter Mutharika, Presiden Malawi, berempati kepada korban insiden gas air mata di Stadion Nasional Bingu, Kamis (6/7/2017).

 Kejadian memilukan terjadi di Malawi. Jelang pertandingan sepak bola dalam perayaan ulang tahun negara tersebut, terjadi insiden di luar stadion yang menyebabkan delapan penonton meninggal dunia. 

Insiden itu terjadi di Lilongwe dalam perayaan ulang tahun ke-53 Malawi, negara di bagian tenggara Afrika, lepas dari penjajahan Inggris, Kamis (6/7/2017).

Delapan penonton - tujuh di antaranya masih anak-anak - meninggal akibat kericuhan yang terjadi jelang laga di Stadion Nasional Bingu.

Dilansir dari Nyasa Times, kerusuhan itu bermula dari tindakan polisi menembakkan gas air mata jelang pertandingan persahabatan antara dua klub teras, Nyasa Big Bullets dan Silvers Strikers.

Baca juga: Bikin Video Porno, 4 Pemain di Brasil Didepak Klub

Tindakan tersebut dilakukan pihak kepolisian karena penonton tidak tertib ketika akan masuk ke stadion. Ironisnya, hal tersebut membuat para penonton panik.

Ratusan orang terburu-buru untuk masuk ke salah satu gerbang stadion. Di antara mereka, ada yang terjatuh sehingga terinjak-injak.

Akibatnya, penonton berdesak-desakan dan mengakibatkan delapan orang meninggal dunia. Puluhan lainnya mengalami luka-luka.

"Seharusnya, kita tidak usah melanjutkan perayaan ketika ada orang meninggal dunia. Perayaan ini harus ditunda," kata petinggi Centre for the Development of People (CEDEP), Gift Trapence.

"Pihak kepolisian juga seharusnya punya rencana dan tahu bahwa penonton yang hadir dari berbagai tingkatan usia. Kejadian ini menunjukkan betapa buruk negara dan pihak keamaman," tuturnya lagi.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.