Berdasarkan Jadwal 2017-2018, Juaranya Bundesliga Bukan Bayern atau Dortmund

By Kamis, 6 Juli 2017 | 05:11 WIB
Bek Bayern Muenchen, Philipp Lahm, mengangkat trofi saat bersama timnya merayakan sukses menjuarai Liga Jerman 2016-2017 di Munich, (20/5/2017).
CHRISTOF STACHE/AFP
Bek Bayern Muenchen, Philipp Lahm, mengangkat trofi saat bersama timnya merayakan sukses menjuarai Liga Jerman 2016-2017 di Munich, (20/5/2017).

Liga Sepak Bola Jerman (DFL) sudah merilis jadwal kompetisi Bundesliga musim 2017/18, Kamis (29/6). 

Penulis: Dwi Widijatmiko

Pekan pertama akan digelar pada rentang 18-20 Agustus dengan juara bertahan Bayern Muenchen bakal membuka Bundesliga edisi ke-55 dengan menjamu Bayer Leverkusen.

Kompetisi di Jerman sebetulnya sudah akan dibuka pada 5 Agustus, di mana bakal berlangsung duel DFL Super Cup antara Borussia Dortmund (juara DFB Pokal 2016/17) kontra Muenchen (juara Bundesliga 2016/17) di Signal Iduna Park, kandang Dortmund.

Rangkaian pertandingan pada pekan pertama sudah menyajikan prospek menarik. Sejumlah big match tersaji pada spieltag pembuka tersebut. Bukan itu saja, spekulasi bagaimana kompetisi akan selesai juga muncul.

Salah satu spekulasi yang sangat menarik adalah juara Bundesliga 2017/18 mungkin bukan Muenchen atau Dortmund! Spekulasi yang sangat berani mengingat dua tim ini adalah dominator gelar juara liga dalam delapan tahun terakhir.

Tapi, spekulasi ini tidak dibuat sembarangan, melainkan dengan fakta sejarah. Pertemuan dengan Leverkusen pada pekan pertama bisa menghadirkan masalah bagi tim asuhan Carlo Ancelotti.

Baca Juga:

Dalam tiga musim di mana mereka bertemu Leverkusen pada matchday 1 Bundesliga, Muenchen tak pernah sukses menjadi juara. Di musim 1981/82, Muenchen menang besar 6-2 atas Leverkusen pada pekan perdana, tapi menyelesaikan musim di posisi ketiga klasemen di bawah Hamburger SV dan FC Koeln.

Dua musim berikutnya, Die Roten lagi-lagi bisa mengalahkan Leverkusen di pekan pertama. Kali ini dengan skor 2-1. Tapi, Muenchen finis di posisi keempat di bawah VfB Stuttgart, Hamburg, dan Borussia Moenchengladbach.

Kejadian terakhir pada 1990/91. Kali ini Muenchen ditahan 1-1 oleh Leverkusen di spieltag 1. Saat itu Muenchen hanya menjadi runnerup, cuma kalah tiga poin dari sang juara, Kaiserslautern.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.