Study CIES: Neymar Termahal, Messi di Bawah Alli-Kane, CR7 di Luar 10 Besar

By Verdi Hendrawan - Selasa, 13 Juni 2017 | 07:25 WIB
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Neymar, dalam laga kontra Juventus di Juventus Stadiom pada Selasa (11/4/2017)
EMILIO ANDREOLI/GETTY IMAGES
Pemain Barcelona, Lionel Messi dan Neymar, dalam laga kontra Juventus di Juventus Stadiom pada Selasa (11/4/2017)

Lembaga study sepak bola, CIES Football Observatory, merilis hasil penelitian terbaru soal nilai jual pemain di Eropa. Berdasarkan beberapa poin penilaian, CIES menempatkan striker Barcelona, Neymar Junior, sebagai pesepak bola dengan nilai jual tertinggi di dunia.

Dalam penelitian ini, CIES menggunakan beberapa faktor yang memengaruhi nilai jual sang pemain. Selain performa bersama klub, beberapa hal seperti usia, status bersama klub, kontrak, dan posisi bermain menjadi acuan utama.

Hasilnya, CIES menilai bahwa Neymar memiliki nilai jual sebesar 210,7 juta euro (sekitar Rp 3,1 triliun). Dengan usia yang masih 25 tahun, striker Brasil itu dianggap sebagai properti paling mahal di jagat sepak bola dunia.

Hasil mengejutkan sudah hadir di posisi kedua. CIES menempatkan dua pemain Tottenham Hotspur, Delle Alli (155,1 juta euro) dan Harry Kane (153,6) sebagai pemain termahal berikutnya. Keduanya dianggap lebih mahal dari megabintang Barcelona asal Argentina, Lionel Messi (151,7).

Dengan performa menjanjikan bersama Tottenham dalam dua tahun terakhir serta usia Alli (21 tahun) dan Kane (24) yang masih muda, keduanya dipandang lebih berharga ketimbang Messi.

Baca Juga:

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann, melengkapi posisi lima besar sebagai pemain termahal di dunia. Pemain Prancis berusia 26 tahun itu dipandang bernilai 150,3 juta euro.

Hasil paling mengejutkan adalah posisi Cristiano Ronaldo yang berada di luar 10 besar. Penyerang andalan Real Madrid itu dihargai sebesar 112,4 juta euro di bawah Luis Suarez (140,8), Paul Pogba (134,3), Gonzalo Higuain (120,2), Eden Hazard (117,2), dan Paulo Dybala (115,3).



Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : football-observatory.com

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X