Belanda Vs Luksemburg, Niat Cepat Advocaat III

By Jumat, 9 Juni 2017 | 22:37 WIB
Aksi pemain Belanda, Wesley Snejider dalam laga persahabatan internasional antara Belanda dan Belgia di Amsterdam Arena, 09 November 2016.
DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES
Aksi pemain Belanda, Wesley Snejider dalam laga persahabatan internasional antara Belanda dan Belgia di Amsterdam Arena, 09 November 2016.

Di kubu tim nasional Belanda, angin perubahan terasa dari situasi yang buruk. Mereka gagal lolos ke Euro 2016. Peluang Si Jingga hadir di turnamen besar berikutnya, Piala Dunia 2018, juga sedang di ujung tanduk. Bos baru tapi lama perlu segera menaikkan kepercayaan diri.

Penulis: Christian Gunawan

Padahal, mereka adalah finalis Piala Dunia 2010 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2014.

Wajarlah bila Danny Blind, pelatih yang gagal meloloskan Belanda ke Prancis 2016, dipecat setelah De Oranje tak menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang nyata di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Setelah separuh perjalanan, kans Belanda lolos ke Rusia 2018 sebagai juara Grup A sudah sangat kecil. Di puncak klasemen bercokol Prancis dengan keunggulan enam poin atas mereka.


Dick Advocaat menduduki bangku cadangan Zenit St Petersburg saat melawan Bayern Muenchen pada semifinal Piala UEFA di Allianz Arena, 25 April 2008.(JOHN MACDOUGALL/AFP)

Peringkat kedua, dengan kemungkinan lolos melalui play-off, masih dalam jangkauan Belanda.

Di sana, Swedia unggul tiga poin saja dari De Oranje. Namun, masih ada Bulgaria di posisi ketiga dengan perolehan surplus dua poin dari Belanda.

Di sisa lima pertandingan, Si Jingga mesti mencari angka sebanyak-banyaknya. Yang jelas, mereka tidak boleh kehilangan poin, terutama dalam partai menghadapi lawan ringan seperti Luksemburg, Jumat (9/6/2017).

Setelah mengalami kemerosotan di bawah arahan Blind, Belanda kembali ke Dick Advocaat. Selain menjadi arsitek tertua yang menukangi Belanda, pelatih berusia 69 tahun itu akan mencoba menunaikan tugasnya di De Oranje itu untuk yang ketigakalinya.

Tak tanggung-tanggung, Advocaat menjadikan legenda hidup Oranje, Ruud Gullit, sebagai asistennya.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No2.775


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.