Kualifikasi Piala Dunia 2018, Argentina Bersiap Menuju Hasil Terburuk?

By Kamis, 8 Juni 2017 | 15:01 WIB
Gerardo Martino (kiri) dan Edgardo Bauza, gagal mengangkat prestasi tim nasional Argentina. Tugas mereka akan diteruskan oleh Jorge Sampaoli mulai laga kontra Brasil, 9 Juni 2017.
OTTO GREULE JR/GETTY IMAGES
Gerardo Martino (kiri) dan Edgardo Bauza, gagal mengangkat prestasi tim nasional Argentina. Tugas mereka akan diteruskan oleh Jorge Sampaoli mulai laga kontra Brasil, 9 Juni 2017.

Sejak Piala Dunia 1998, kualifikasi zona Conmebol tak lagi menggunakan pembagian grup. Sebagai gantinya, sembilan atau sepuluh tim dari zona Conmebol mesti saling berjibaku memperebutkan poin alias menggunakan sistem liga.

Penulis: Wieta Rachmatia

Empat negara di urutan teratas secara otomatis mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia. Sementara itu, tim yang berada di peringkat lima harus melalui babak play-off lawan juara zona Oseania.

Perubahan sistem ini sesungguhnya tak memengaruhi prestasi Argentina secara signifikan. Sepak terjang pasukan Albiceleste tergolong konsisten.

Di Piala Dunia 1998, 2002, dan 2016, Argentina lolos ke putaran final dengan menyandang status sebagai pemimpin klasemen. Pada 2006, mereka menempati posisi kedua di bawah Brasil.

Di Kualifikasi Piala Dunia 2010, performa Argentina sedikit menurun. Mereka mengalami kesulitan bersaing dengan tim-tim seperti Cile, Paraguay, dan Uruguay.

Baca Juga:

Meski begitu, Argentina masih bisa lolos secara otomatis dengan mengakhiri fase kualifikasi di peringkat empat. Sejauh ini, penampilan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2010 adalah yang terburuk.

Namun, jika melihat performa Argentina pada Kualifikasi Piala Dunia 2018, bisa jadi keikutsertaan mereka di edisi ini menjadi yang terburuk.

Hingga pertandingan ke-14, Argentina masih tertahan di peringkat lima. Mereka baru mengumpulkan 22 poin dari enam kemenangan plus empat hasil imbang.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.774


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.