Fakta Unik di Balik Kesuksesan Bayern Muenchen

By Wieta Rachmatia - Kamis, 1 Juni 2017 | 16:18 WIB
Para pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi setelah dipastikan menjadi juara Bundesliga 2016-2017, usai laga kontra Wolfsburg di Volkswagen Arena pada 29 April 2017.
CHRISTOF KOEPSEL/GETTY IMAGES
Para pemain Bayern Muenchen melakukan selebrasi setelah dipastikan menjadi juara Bundesliga 2016-2017, usai laga kontra Wolfsburg di Volkswagen Arena pada 29 April 2017.

Bundesliga 2016-2017 sudah usai. Sekali lagi, Bayern Muenchen sukses menahbiskan diri sebagai klub terbaik di Jerman.

Ya, FC Bayern dipastikan meraih gelar juara Bundesliga 2016-2017 dengan mencatat 25 kemenangan plus tujuh hasil imbang. Inilah kali pertama skuat The Bavarian sukses menjuarai Liga Jerman dalam lima musim secara beruntun.

Namun tahukah Anda, masih ada sejumlah rekor yang diraih anggota skuat FC Bayern pada musim 2016/17. Berikut adalah beberapa di antaranya seperti dirangkum situs Bild:

  • Javi Martinez menjadi pemain Spanyol pertama yang mampu menjuarai Bundesliga sebanyak lima kali dalam lima musim sejak datang ke Jerman.
  • Carlo Ancelotti menjadi pelatih pertama yang sukses menjuarai liga domestik di empat kompetisi bergengsi, yaitu Serie A bersama AC Milan, Premier League bersama Chelsea, Ligue 1 bersama Paris Saint Germain, dan Bundesliga bersama FC Bayern. Bersama Real Madrid, Ancelotti hanya menjuarai Copa del Rey bukan La Liga.
  • Douglas Costa berhasil menjuarai liga domestik dalam tujuh musim secara berturut-turut. Lima gelar diraih bersama Shakhtar Donetsk, dan dua sejak bergabung dengan FC Bayern.
  • Arturo Vidal mengoleksi enam gelar liga domestik. Empat semasa membela Juventus, dan dua bersama FC Bayern.
  • Di usia yang baru menginjak 20 tahun, Kingsley Coman meraih lima gelar domestik di tiga negara berbeda (Prancis, Italia, dan Jerman).
  • Philipp Lahm sukses menyamai rekor Klaus Augenthaler, menjadi kapten tim FC Bayern yang sukses mengoleksi lima gelar juara Liga Jerman.
  • Philipp Lahm juga menyamai prestasi Bastian Schweinsteiger, Oliver Kahn, dan Mehmet Scholl dengan mengangkat trofi juara delapan kali bersama FC Bayern.
  • Franck Ribery menjadi pemain asing paling sukses di Jerman. Winger asal Prancis ini sudah mengoleksi tujuh gelar juara.
  • Di usia 24 tahun, David Alaba sudah enam kali menjuarai Bundesliga. Tak ada pemain seusianya yang mampu menorehkan prestasi serupa.
  •  Arjen Robben berhasil menyamai rekor pesepak bola legendaris Belanda, Johan Cruyff, yang mampu mengoleksi sepuluh gelar liga domestik. Robben meriah enam gelar bersama FC Bayern, dua bersama Chelsea, dan masing-masing sekali saat membela PSV Eindhoven serta Real Madrid.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Bild

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X