Rapor 2016-2017: Paris Saint-Germain, Target Lima Kali Gagal

By Sabtu, 27 Mei 2017 | 16:11 WIB
Pemain sayap Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, merayakan gol dengan rekan setimnya, Edinson Cavani, seusai mencetak gol ke gawang Guingamp dalam laga lanjutan Liga Prancis 2016-2017 di Stadion Parc des Princes, Paris, pada 9 April 2017.
FRANCK FIFE/AFP
Pemain sayap Paris Saint-Germain, Angel Di Maria, merayakan gol dengan rekan setimnya, Edinson Cavani, seusai mencetak gol ke gawang Guingamp dalam laga lanjutan Liga Prancis 2016-2017 di Stadion Parc des Princes, Paris, pada 9 April 2017.

Setelah empat musim beruntun sejak 2012/13 Paris Saint-Germain menjadi juara Ligue 1, maka musim ini hegemoni itu terhenti. Ada perubahan wajah PSG pada awal musim. Salah satunya adalah sektor pelatih. Ada pergantian nama dari Laurent Blanc menjadi Unai Emery.

Penulis: Dian Savitri

Blanc menjadi pelatih yang membawa PSG menjadi juara dalam tiga musim belakangan, sementara Emery membawa Sevilla menjadi juara Liga Europa dalam kurun waktu yang sama.

Keinginan untuk mewujudkan ambisi menjadi juara di Liga Champion membuat PSG memilih Emery, yang dinilai lebih punya pengalaman ketimbang Blanc, yang undur diri usai musim lalu. Tentu saja ambisi untuk mengukir juara Ligue 1 lima kali beruntun menjadi target awal.

Baca Juga:

Lalu, PSG juga kehilangan striker utamanya, Zlatan Ibrahimovic. Musim lalu, pemain asal Swedia itu membuat 38 gol di Ligue 1, total 50 gol di semua ajang. PSG memang punya striker lain bernama Edinson Cavani, namun figur itu tidak cukup.

Perolehan gol PSG musim ini turun drastis. Musim lalu mereka bisa membuat 102 gol. Musim ini hanya 83 dengan Cavani membuat 35 di antaranya. Striker asal Uruguay itu lantas menggondol gelar pencetak gol terbanyak Ligue 1 2016/17.

Lalu, ada perbandingan pada 12 laga terakhir di Ligue 1. Jika Monaco melewatinya dengan terus menang, tidak demikian dengan PSG. Pasukan Emery hanya menang 10 kali, lalu masing-masing satu kali kalah dan seri. Secara keseluruhan, PSG kalah lima kali musim ini. Semua di kandang lawan.


Ekspresi pelatih Paris Saint-Germain, Unai Emery, dalam partai Ligue 1 menghadapi Toulouse di Municipal Stadium, 23 September 2016.(PASCAL PAVANI/AFP)

“Kami bisa saja menjadi juara jika dilihat dari jumlah poin yang diraih. Hanya, hal itu tidak cukup karena Monaco mendapatkan poin lebih banyak. Kami kalah lima kali dan itu terlalu banyak. Namun, kompetisi seperti ini bagus untuk sepak bola Prancis,” kata Emery seperti dikutip dari situs resmi Ligue 1.

Setelah gagal meraih gelar Ligue 1 pada musim pertamanya, posisi Emery sedang dievaluasi. Kontrak pelatih asal Spanyol itu habis pada Juni 2018, namun semua tergantung dari hasil evaluasi itu. Ketika Monaco sudah dipastikan menjadi juara, ada bisik-bisik dari Paris bahwa posisi Emery aman selama PSG tidak terperosok ke posisi ke-3.

TARGET AWAl MUSIM: Juara

REALISASI: Runner-up

RAPOR: 7,5


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.771


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.