5 Hal Menarik dari GP F1 Spanyol

By Arief Kurniawan - Selasa, 16 Mei 2017 | 21:02 WIB
GP Formula 1 Spanyol di Sirkuit Catalunya hari Minggu (14/5/2017), dari berbagai sisi banyak menyisakan cerita menarik.
AFP
GP Formula 1 Spanyol di Sirkuit Catalunya hari Minggu (14/5/2017), dari berbagai sisi banyak menyisakan cerita menarik.

GP Spanyol di Sirkuit Catalunya hari Minggu (14/5) sangat menarik. Selain kemenangan Lewis Hamilton berkat taktik brilian tim Mercedes, ada juga lima hal menarik lain yang bisa jadi terulang pada seri-seri berikut, walau pelakunya belum tentu sama.

1. Bottas adalah Team Player


(Alexander NEMENOV/AFP)

Lewis Hamilton merasa lega karena dia kini punya rekan setim yang memerankan diri sebagai team player dengan hebat. Di Catalunya selama tiga lap (lap 22-24) Valtteri Bottas terus menahan Sebastian Vettel dan itu membuat Vettel kehilangan 4 detik. Dan mengingat saat finis Hamilton unggul tak sampai 4 detik, berarti itulah sejumlah waktu penting yang "diambil" Bottas dari Vettel. Vettel sendiri mengakui usaha Bottas itu menggagalkannya jadi pemenang.

2. Adrian Newey Tak Sakti Lagi?


(Red Bull Content )

Ketika tahun ini aerodinamika lebih berperang ketimbang mesin, banyak yang mengatakan Red Bull akan lebih kompetitif dan jadi penantang kuat Mercedes. Kenapa? Karena mereka punya Adrian Newey, ahli aerodinamika hebat. Namun di Catalunya, di sirkuit yang butuh aerodinamika bagus, Red Bull malah jauh tertinggal. Daniel Ricciardo memang finis di posisi tiga, alias podium pertamanya musim ini. Tapi lihatlah selisihnya dengan Hamilton, 75 detik! Apakah Newey sudah tak sakti lagi, seperti dikatakan oleh Felipe Massa? Menurut bos Red Bull, Christian Horner, mereka akui masih kalah tapi selisih 75 detik itu terjadi karena mereka lebih memilih menghemat mesin dengan menurunkan performanya begitu tahu posisi Ricciardo aman.

3. Pascal Wehrlein Bungkam Kritik


(Sauber Media)

Ketika absen dua seri pertama musim ini di Australia dan China, Pascal Wehrlein dikritik karena dianggap "cengeng" baru cedera sebegitu saja memilih tak ikut balapan. Wehrlein mengalami cedera pada ajang Race of Champions di akhir 2016. Gara-gara itu dia tak bisa mempersiapkan fisiknya lebih baik. Pebalap Jerman berusia 22 tahun ini pun memilih absen dua seri dan menggenjot kebugaran fisiknya dan tempatnya digantikan oleh Antonio Giovinazzi. Tiga seri setelah itu Wehrlein menjawab kritikan dengan menyumbangkan empat poin buat Sauber, yang pertama di musim ini, dengan finis di posisi 8 di Catalunya.


Editor :
Sumber : Dari Berbagai Sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X