Ajax dan Starting XI Termuda di Liga Belanda

By Dian Savitri - Selasa, 16 Mei 2017 | 18:31 WIB
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol yang dicetak ke gawang Feyenoord Rotterdam dalam pertandingan Eredivisie di Amsterdam Arena, 2 April 2017.
DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol yang dicetak ke gawang Feyenoord Rotterdam dalam pertandingan Eredivisie di Amsterdam Arena, 2 April 2017.

Liga Belanda 2016-2017 memang sudah kelar. Feyenoord Rotterdam telah menjadi juara, pertama kali dalam 18 tahun. Ajax Amsterdam menjadi runner-up, sementara PSV Eindhoven ada di urutan ketiga.

Ada catatan penting yang mungkin masih menarik. Pada laga akhir, 14 Mei 2017, bertandang ke Stadion Koning Willem II untuk menghadapi Willem II Tilburg, pelatih Ajax, Peter Bosz, membentuk sebuah starting XI termuda sepanjang sejarah Eredivisie.

Padahal, saat itu Ajax sedang bertarung untuk merebut gelar juara Eredivisie dan normalnya sebuah klub akan memilih untuk menurunkan pemain-pemain yang berpengalaman. Namun, Ajax bukan klub normal.

Baca juga:

Sebelas pemain itu memiliki rata-rata usia 20 tahun dan 139 hari, serta bisa menang 3-1 atas Willem II. Gol-gol dibuat oleh Kasper Dolberg, Davinson Sanchez, dan Davy Klaassen.

Sore itu, Ajax memakai formasi klasik 4-3-3 dengan usia para pemain sebagai berikut:

  • Kiper Andre Onana 21 tahun
  • Para bek Jairo Riedewald (20), Davinson Sanchez (20), Matthijs de Ligt (17), dan Kenny Tete (21)
  • Gelandang Frenkie de Jong (20), Donny van de Beek (20), dan Davy Klaassen (24)
  • Dua pemain sayap Justin Kluivert (180 dan David Neres (20), serta striker Kasper Dolberg (19)

Dari susunan itu terlihat, kapten Davy Klaassen memiliki usia paling tua, yaitu 24 tahun.

Setelah laga itu, Ajax punya waktu 10 hari untuk memulihkan diri sebelum tampil di final Liga Europa, 24 Mei 2017, melawan klub Premier League, Manchester United, di Friends Arena, Solna (Stockholm).


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : The Mirror, sumber lainnya


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.