Mengapa Penalti Mahrez Tidak Diulang?

By Anju Christian Silaban - Sabtu, 13 Mei 2017 | 22:15 WIB
Riyad Mahrez (26) gagal mengeksekusi penalti saat Manchester City melawan Leicester City pada partai lanjutan Premier League - kasta pertama Liga Inggris - di Stadion Etihad, Sabtu (13/5/2017).
ANTHONY DEVLIN/AFP
Riyad Mahrez (26) gagal mengeksekusi penalti saat Manchester City melawan Leicester City pada partai lanjutan Premier League - kasta pertama Liga Inggris - di Stadion Etihad, Sabtu (13/5/2017).

 Kegagalan penalti Riyad Mahrez turut memengaruhi kemenangan Manchester City atas Leicester City pada partai Premier League - kasta teratas Liga Inggris - di Stadion Etihad, Sabtu (13/5/2017).

Eksekusi pemain asal Aljazair itu terjadi pada menit ke-77 atau ketika tim tuan rumah tengah unggul 2-1.

Bola sebenarnya masuk. Namun, wasit Robert Madley menganggapnya tidak sah, bahkan juga tidak memberikan kesempatan eksekusi ulang untuk Leicester.

Alasannya, Mahrez dianggap melakukan dua sentuhan ketika melepaskan tendangan. Keputusan Madley pun mengacu pada Law of the Game pasal 13.

"Apabila eksekutor menyentuh bola lagi (kecuali dengan tangannya) sebelum bola mengenai pemain lain, wasit harus memberikan tendangan bebas kepada tim lawan di lokasi terjadinya pelanggaran," demikian tertulis di pasal tersebut.

Baca juga: Haruskan Liga 1 Lebih "Kejam" daripada Premier League?

Diperhatikan via tayangan ulang, Mahrez memang menyentuh bola lebih dari satu kali. Dia melepaskan tembakan dengan kaki kiri. Namun, karena dirinya terpeleset, bola sempat mengenai kaki kanannya.

Atas kejeliannya melihat dua sentuhan Mahrez, Madley pun menuai pujian alih-alih cacian. Salah satunya datang dari legenda Leicester City, Gary Lineker.

"Mengacu aturan, wasit telah mengambil keputusan tepat dengan menganulir penalti Mahrez," tulis Lineker di akun Twitter miliknya.

Jangankan Lineker, Mahrez saja turut membenarkan justifikasi sang pengadil. Dia langsung menyoroti insiden tersebut setelah laga berakhir.



Editor :
Sumber : BBC,Law of the Game

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X