Luis Milla: Liga 1 Setara Divisi 2 Liga Spanyol

By Segaf Abdullah - Rabu, 3 Mei 2017 | 09:45 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla memperhatikan permainan anak asuhnya yang menjamu Myanmar pada uji coba internasional di Stadion Pakansari, Selasa (21/3/2017).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/JUARA.NET
Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla memperhatikan permainan anak asuhnya yang menjamu Myanmar pada uji coba internasional di Stadion Pakansari, Selasa (21/3/2017).

Pelatih Indonesia U-22, Luis Milla, menilai level kompetisi Liga 1 setara dengan Divisi II Liga Spanyol atau Segunda Division. Juru taktik berusia 51 tahun itu juga menganggap Indonesia tempat yang ramah bagi orang-orang Eropa.

Luis Milla resmi ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih timnas Indonesia merangkap timnas U-22 per 20 Januari 2017. Artinya, tiga bulan lebih berkutat dengan skuat Merah Putih, aman baginya untuk menilai seperti apa sepak bola Indonesia.

Sebelum memantau Liga 1 musim 2017, Milla sudah diberikan rekaman video laga-laga Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016. Itu dilakukan agar sang pelatih dapat memantau nama-nama calon penghuni timnas yang disodorkan PSSI.

"Jika membandingkan kasta teratas kompetisi sepak bola Indonesia (Liga 1) dengan Spanyol, (di sini) Anda bisa menemukan peralatan yang ada di Divisi II Liga Spanyol (Segunda Division)," ucap Milla seperti dilansir media Spanyol, Diario de Teruel.

Milla juga menganggap bahwa orang-orang Spanyol dan negara raksasa sepak bola Eropa dipandang baik di Indonesia.

Baca Juga:

"Penting bagi klub-klub di Indonesia untuk mengetahui dari negara sepak bola mana Anda berasal. Mereka menilai tinggi seseorang yang berasal dari Spanyol dan negara-negara Eropa lainnya," kata dia.

Pada era Indonesia Premier League (IPL), pemain Bandung FC asal Inggris, Lee Hendrie, bahkan menyamakan level kompetisi sepak bola di Indonesia serupa Liga Conference alias kasta kelima sepak bola Inggris.

Di mana pemainnya adalah campuran antara full time dengan para pemain semipro.

"Standar sepak bola Indonesia? Sangat berbeda, saya rasa sama dengan Liga Conference (di bawah League Two Inggris)," ujar Hendrie dalam sebuah program ESPN UK pada 2011.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Diario de Teruel


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.