Selain Skill, Inilah Kelebihan Penyerang Asal Argentina

By Kamis, 20 April 2017 | 11:04 WIB
Sergio Aguero (kiri) dan Lionel Messi, contoh pesepak bola Argentina yang dibesarkan oleh kerasnya sepak bola jalanan.
GETTY IMAGES
Sergio Aguero (kiri) dan Lionel Messi, contoh pesepak bola Argentina yang dibesarkan oleh kerasnya sepak bola jalanan.

Bukan rahasia umum bahwa sepak bola merupakan tiket emas untuk kehidupan yang lebih baik bagi mayoritas anak-anak Amerika Selatan, tak terkecuali di Argentina.

Penulis: Anggun Pratama

Sepak bola menjanjikan harapan. Sepak bola memberikan kesempatan bagi mereka keluar dari kemiskinan.

Karena itu, tak heran bila jamak terlihat pemandangan anak-anak bermain sepak bola di jalanan.

Harapan mereka adalah suatu hari nanti mereka bisa terpantau klub sepak bola sehingga masuk dalam akademi dan berkesempatan menjelma menjadi pemain top.

Lionel Messi, atau Sergio Aguero, merupakan beberapa pemain Argentina yang dibesarkan oleh kerasnya sepak bola jalanan.

Tak ada aturan yang mengikat. Dia yang jago mengolah bola dan mau berjuang keras bakal berada di kubu yang menang.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, pernah menyebut saat ini kawasan Amerika Latin memproduksi penyerang top lebih banyak ketimbang dari kawasan Eropa.

Salah satu alasannya adalah kultur sepak bola jalanan menurun drastis di Eropa.

"Lihat di seantero Eropa. Dari mana para penyerang berasal? Kebanyakan dari mereka dari Amerika Selatan. Mungkin di Eropa sepak bola jalanan telah hilang," kata Wenger seperti dikutip ESPNFC.

Wenger juga menyebut, dalam sepak bola jalanan, ketika berusia 10 tahun, si bocah pasti ingin bermain bareng anak berusia 15 tahun.

Saat itu bocah tersebut harus membuktikan diri bahwa memang jago. Anak tersebut harus berjuang demi memenangi bola sulit.

Baca Juga:

"Ketika mendapat pendidikan formal di akademi, urusan pengembangan skill individual dan sikap pejuang bukan prioritas karena anak-anak itu sudah memilikinya sejak kecil. Negara-negara Eropa sedikit kehilangan itu," ujar Wenger.

Aguero, salah satu penyerang Argentina yang sudah punya reputasi besar soal mencetak gol, mengaku sepak bola jalanan membentuknya sebagai pemain profesional saat ini.

"Saya belajar bermain sepak bola di jalanan. Setiap hari di sekolah, semua orang datang dan bermain. Jalanan menjadi tempat belajar yang sangat bagus," tutur Aguero.

"Anda belajar banyak hal: kegigihan, cara melawan pemain lebih tua dan besar, cara buat menerima tendangan dari lawan, atau yang lebih keren, cara menghindari tendangan lawan," ujarnya lagi.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.760


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X