Ousmane Dembele, Kembaran Cristiano Ronaldo

By Sabtu, 8 April 2017 | 07:36 WIB
Pemain Borussia Dortmund, Ousmane Dembele, saat melawan Real Madrid dalam laga Grup F Liga Champions 2016-2017 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada 7 Desember 2016.
GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES
Pemain Borussia Dortmund, Ousmane Dembele, saat melawan Real Madrid dalam laga Grup F Liga Champions 2016-2017 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada 7 Desember 2016.

Mantan bek kiri asal Prancis, Mikael Silvestre, mengatakan bahwa penyerang Borussia Dortmund, Ousmane Dembele, mengingatkannya pada Cristiano Ronaldo versi muda.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Apakah Silvestre terlalu berlebihan menyamakan pemain "bau kencur" seperti Dembele dengan sosok megabintang milik Real Madrid itu? Tidak juga.

Bahkan, opini darinya boleh jadi bahan pertimbangan berhubung ia punya benang merah dengan Dembele dan Ronaldo.

Silvestre mengawali karier profesionalnya di Rennes, klub yang Dembele perkuat sejak remaja hingga 2016. Dia juga pernah menjadi rekan setim Ronaldo kala keduanya di Manchester United.

Komentar Silvestre tersebut muncul pada 2015. Kala itu, ia merupakan salah satu penasihat di Rennes, sementara Dembele tengah naik daun di klub tersebut.

Menurut Silvestre, karakter bermain Dembele mirip dengan Ronaldo. Dia bahkan tidak bakal terkejut andai penyerang berusia 19 tahun itu kelak meraih Ballon d'Or, penghargaan individual nan prestisius yang telah empat kali direngkuh CR7.

Jika diperhatikan, opini Silvestre ada benarnya. Dembele berposisi utama sebagai sayap, peran yang Ronaldo emban di awal kariernya.

Baca Juga:

Seperti Ronaldo, modal utama Dembele sehingga ia disebut-sebut sebagai salah satu sayap muda paling menjanjikan saat ini adalah kecepatan dribel. Dribel dari pemuda berdarah Mali ini kerap bikin lawan kerepotan menjaganya.

Menurut Opta, Dembele membuat dribel sukses sebanyak 144 kali sepanjang 2016. Tidak ada pemain lain di lima liga top Eropa yang melebihi catatannya.

"Dembele datang ke Rennes pada usia yang relatif muda, tapi telah menunjukkan kekayaaan pada permainannya: dribel yang menawan dan kualitas teknik yang bagus," kata salah satu staf pelatih Rennes, Yannick Menu.

Dembele juga kerap menampilkan atraksi individual, menggiring bola sendirian menuju pertahanan lawan tanpa mengoper pada rekan setimnya. Hal ini serupa dengan karakter Ronaldo saat belia.

"Saya pernah mengatakan pada Dembele bahwa bermain individual tidak cukup. Dia harus paham pentingnya bermain dengan pemain lainnya. Untungnya, dia mau mendengarkan," ucap eks pelatih Dembele di tim muda Evreux, Gregory Badoche, kepada L'Equipe.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.757


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.