Romelu Lukaku, Kandidat Top Skorer Paling Krusial

By Lariza Oky Adisty - Selasa, 28 Maret 2017 | 07:01 WIB
Aksi perayaan gol striker Everton, Romelu Lukaku, setelah menjebol gawang Sunderland dalam laga Premier League di Goodison Park, Liverpool, 25 Februari 2017.
CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES
Aksi perayaan gol striker Everton, Romelu Lukaku, setelah menjebol gawang Sunderland dalam laga Premier League di Goodison Park, Liverpool, 25 Februari 2017.

Romelu Lukaku bukan saja memimpin persaingan pencetak gol di Premier League musim 2016-2017. Di antara para kandidat top scorer, kontribusi gol pemain asal Belgia tersebut paling berpengaruh untuk klubnya.

Penyerang berusia 23 tahun tersebut sudah mengemas 21 gol selama 29 pekan Premier League.

Bila diuraikan, gol-gol tersebut tercipta di 14 pekan. Hasilnya, dari ke-14 laga tersebut, The Toffees mengemas 10 kemenangan, dua kali seri, dan dua kekalahan.

Artinya, kalau kita melihat perolehan angka Everton di klasemen saat ini (50 poin), gol Lukaku punya kontribusi 64 persen. Angka ini sudah cukup membantu tim asuhan Ronald Koeman tersebut memelihara asa lolos ke Eropa musim depan.

Saat ini, dengan raihan angka tersebut, Everton duduk di peringkat ketujuh klasemen sementara Premier League.

Baca Juga:

Persentasi ini lebih tinggi ketimbang para pesaingnya di bursa pemain tersubur Liga Inggris. Kompetitor terdekatnya hanya Diego Costa.

Bomber Chelsea itu sudah mencetak 17 gol sejauh ini. Memang, torehannya masih kurang empat gol untuk bisa mengejar Lukaku.

Namun, perannya di depan gawang lawan tidak kalah vital untuk perjalanan Chelsea memuncaki klasemen sementara. Gol-gol Costa berperan membawa Chelsea meraih 14 kemenangan dan satu kali hasil imbang, serta hanya satu kekalahan.

Total, eks penyerang Atletico Madrid tersebut membantu The Blues meraih 43 dari total 69 poin yang mereka kumpulkan sejauh ini, alias 62 persen.



Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : transfermarkt

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X