Formasi Baru Jose Mourinho untuk Melindungi Satu Pemain

By Septian Tambunan - Selasa, 21 Maret 2017 | 06:45 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, pada 19 Maret 2017.
MATTHEW LEWIS/GETTY IMAGES
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Middlesbrough, Inggris, pada 19 Maret 2017.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho (54), membeberkan alasan menggunakan formasi 3-4-2-1 dalam laga Premier League kontra Middlesbrough di Stadion Riverside, Minggu (19/3/2017).

Duel tersebut dimenangi Manchester United dengan skor 3-1 berkat gol dari Marouane Fellaini (menit ke-30), Jesse Lingard (62'), dan Antonio Valencia (90+3'), sedangkan gol Middlesbrough datang dari lesakan Rudy Gestede (77').

Dari 48 partai memimpin Man United, Jose Mourinho hanya empat kali memakai formasi tiga bek, yaitu 3-5-2 (2 kali), 3-4-3 (1), dan 3-4-2-1 (1).

Rupanya, pelatih berjulukan The Special One ini ingin menjaga para pemainnya tetap fit, terutama Antonio Valencia.

Apalagi, mereka baru saja menghadapi FC Rostov dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Kamis (16/3/2017).

"Beberapa pemain yang melawan Rostov mengalami kelelahan," kata Mourinho dalam situs resmi klub.

"Contohnya, saya memainkan Valencia di posisi yang lebih ke depan untuk melindungi dia. (Phil) Jones dan (Chris) Smalling juga kelelahan, jadi saya membawa bek ekstra untuk memberikan mereka sedikit rasa nyaman," ucap Mourinho.

Mourinho memang dapat membaca pemainnya dengan sangat baik. Meskipun sudah dimajukan menjadi pemain sayap kanan, keletihan Valencia yang biasanya menempati sektor bek kanan terlihat jelas dari statistik melawan Middlesbrough.

Jika dibandingkan saat menjamu Rostov, performa Valencia ketika duel vs Middlesbrough mengalami penurunan signifikan dalam hal operan sukses (86 persen berbanding 63 persen), umpan lambung (10 kali berbanding 2), dan melewati lawan (7:3).

Baca Juga:


Editor : Beri Bagja
Sumber : Transfermarkt, Manutd.com, Opta Joe


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.