Satu-Satunya Juara Dunia GP500 dan F1 Ini Meninggal Dunia

By Arief Kurniawan - Jumat, 10 Maret 2017 | 23:18 WIB
John Surtees, juara dunia GP500 empat kali dan juara dunia F1 satu kali. Tak ada lagi yang bisa menyamai rekornya.
Dominic Lipinski - WPA Pool/Getty Images
John Surtees, juara dunia GP500 empat kali dan juara dunia F1 satu kali. Tak ada lagi yang bisa menyamai rekornya.

John Surtees adalah manusia langka di arena balap. Dia jadi juara dunia di roda dua dan roda empat. Hingga kini, dan mungkin entah sampai kapan, F1 dan MotoGP bisa punya orang seperti dia lagi. Surtees wafat di sebuah RS di London, Jumat (10/3) pada usia 83 tahun.

Menariknya, Tuhan menakdirkan bahwa hari kematian Surtees dihiasi oleh irisan antara F1 dan MotoGP yang sedang menggelar tes secara bersamaan. Kalau F1 memasuki hari terakhir tes pramusim di Catalunya, Spanyol, maka MotoGP menggelar hari pertama di Losail, Qatar.

Surtees adalah juara dunia GP500 empat kali (1956, 1958, 1959, 1960). Ia lalu pindah ke F1 pada 1961. Tidak langsung sukses memang, tapi waktu yang dibutuhkannya untuk menjadi juara dunia F1 tak lama, hanya tiga tahun.

Pada 1964 legenda balap motor asal Inggris ini menjadi juara dunia bersama tim legenda juga, Ferrari. Walau hanya menyabet satu titel di F1 namun itu sudah cukup bagi Surtees untuk mengukuhkan diri sebagai satu-satunya pebalap yang mampu meraih gelar juara dunia di dua ajang berbeda.

"John meninggal dunia dengan tenang hari ini di London. John adalah suami, ayah, dan saudara yang sangat kami sayangi," demikian bunyi keterangan keluarga Surtees.

Selamat jalan, Sang Legenda!


Editor :
Sumber : Dari Berbagai Sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.