Pelatih Legendaris Persija Jakarta Meninggal Dunia

By Segaf Abdullah - Minggu, 5 Maret 2017 | 16:02 WIB
Sugih Hendarto, dilarikan ke rumah sakit lantaran retak tulang pinggul
HERKA YANIS PANGARIBOWO/JUARA.net
Sugih Hendarto, dilarikan ke rumah sakit lantaran retak tulang pinggul

Sepak bola Indonesia kembali berduka. Pelatih Persija pada era 1980 dan 1990-an, Sugih Hendarto (83), meninggal dunia di RS Mulia, Pajajaran, Bogor, Minggu (5/3/2017) dini hari.

Kondisi kesehatan Opa Hen, begitu Sugih Hendarto karib disapa, memang menurun dalam beberapa waktu belakangan. Hal itu tidak lepas dari komplikasi penyakit jantung dan kebocoran paru-paru yang dialaminya.

Pada masa senjanya, kontribusi Opa Hen untuk sepak bola Indonesia tidak luntur. Laki-laki kelahiran 21 Februari 1934 itu dikenal sebagai sosok yang peduli dengan perkembangan pemain muda.

Opa Hen diketahui menjadi pelatih di Sekolah Sepak Bola (SSB) Menteng Yunior yang biasa berlatih di di Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta.

Bahkan, pada 2016, Opa Hen sempat dilarikan ke RS lantaran mengalami retak tulang pinggul ketika ada insiden kecil saat hendak melatih anak asuhnya.

"Apa yang saya lakukan hanyalah hal kecil, melatih anak-anak. Namun, saya harap bisa dicontoh pelatih-pelatih lain," kata Opa Hen, semasa hidupnya.

Hal penting yang dilakukan tanpa pamrih oleh Opa Hen itulah yang membuatnya dianugerahi Lifetime Achievement Award pada Anugerah Olah Raga Indonesia (AORI) 2013 yang digelar BOLA. Pengabdian dia untuk sepak bola Tanah Air patut dijadikan contoh.

"Saya juga mohon kepada pemerintah agar lebih memperhatikan pelatih-pelatih nasional agar lebih berkualitas. Kalau tidak bermutu, bagaimana mau menghasilkan pemain berkualitas?” ucap asisten pelatih timnas Indonesia, Wiel Coerver, pada medio 1970-an itu.

Di level klub, jasa Opa Hen buat Persija juga tidak sedikit. Dia memberikan perubahan signifikan saat tim berjulukan Macan Kemayoran.

Pada 1980-an, Persija memasuki periode buruk. Bahkan, pada 1985 tim ibu kota nyaris terdegradasi.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Persija Jakarta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.