ITDC Bangun Sirkuit Jalan Raya Pertama Dunia di Mandalika

By Ade Jayadireja - Rabu, 25 Januari 2017 | 08:01 WIB
Ilustrasi pebalap MotoGP asal Spanyol, Maverick Vinales, memacu motornya dalam sebuah tikungan saat melakoni tes pra-musim dengan tim Movistar Yamaha MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 15 November 2016.
MIRCO LAZZARI GP/GETTY IMAGES
Ilustrasi pebalap MotoGP asal Spanyol, Maverick Vinales, memacu motornya dalam sebuah tikungan saat melakoni tes pra-musim dengan tim Movistar Yamaha MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 15 November 2016.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan membangun sirkuit jalan raya pertama di dunia yang bertempat di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Rencana pembangunan sirkuit tersebut diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ITDC dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 Consulting, dua perusahaan perancang serta pengembang balap motor global, pada 20 Januari 2017.

Penandatanganan MoU akan diikuti oleh pengembangan desain dalam beberapa bulan ke depan serta perencanaan untuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix Mandalika 2019.

Sebagai sirkuit jalan raya yang dibangun dari tahap konsep, lintasan di Mandalika akan dibangun dengan standar FIM and FIA untuk kelayakan penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor.

Suasana sekitar sirkuit juga menyajikan keindahan alam. Pengunjung dapat memandang lintasan secara terbuka sambil menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau.

Baca juga:

“Merupakan suatu kebanggan bagi ITDC untuk dapat mempersembahkan sebuah infrastruktur kelas dunia yang dapat membawa event top dunia ke Lombok dan ke Indonesia," kata Abdulbar M Mansoer, Direktur Utama ITDC.

"Sirkuit jalan raya Mandalika akan menjadi satu-satunya sirkuit jalanan di dunia yang menawarkan panorama indah sebuah laguna, solar cell farm, lapangan golf, area komersil perkotaan, dan Samudera Hindia," ucap Abdulbar menambahkan.

Pihak Roadgrip Motorsports UK Ltd pun menyambut bahagia rencana pembangunan sirkuit di Mandalika.

"Kami yakin proyek ini akan memberikan dampak ekonomi besar bagi pariwisata dan penciptaan lapangan pekerjaan di Mandalika dan Lombok, serta eksposur internasional yang dibutuhkan kawasan ini,” ujar Nick Morley, Managing Director Roadgrip Motorsports UK Ltd,

Mirip dengan Singapura dan Monaco, sirkuit jalan raya di Mandalika akan bersifat musiman, terbuka untuk publik sepanjang tahun, dan diubah untuk menjamu berbagai acara balap motor internasional.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : juara


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X